Fossil Fuel ENERGY PRIMER NEWS
Trending

ENI Calon Kuat Pengganti Chevron Pada Proyek Indonesia Deepwater Development

ENI Calon Kuat Pengganti Chevron Pada Proyek Indonesia Deepwater Development
Ilustrasi

Listrik Indonesia | Chevron disebutkan bakal melepas pengelolaan proyek IDD dalam waktu dekat dan mitra strategis yang disebut paling potensial menggantikan Chevron dalam proyek tersebut adalah Eni.

"Eni masih bahas komersialnya. Harapannya Januari ada jawaban. Ini yang akan kita tunggu. Tetap tunggu pada 2021. Dengan harga minyak ada kecenderungan membaik, mudah-mudahan jawaban dari calon operator IDD akan cepat," kata Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Fataryani Abdurahman dalam paparannya baru-baru ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa hingga saat ini proyek tersebut masih dioperatori oleh Chevron Indonesia. Dalam proyek IDD, Chevron bertindak sebagai operator dan pemegang saham mayoritas sebesar 63 persen. Chevron menggarap proyek migas laut dalam ini bersama mitra perusahaan patungan lainnya, yakni Eni, Tip Top, PT Pertamina Hulu Energi (PHE), serta para mitra di Muara Bakau.

Sebelumnya, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan bahwa Eni merupakan salah satu mitra potensial yang dapat menggantikan Chevron dalam proyek IDD mengingat fasilitas milik Eni di Muara Bakau dan Merakes yang dapat diintegrasikan nantinya.

"Kami percaya jika alih kelola oleh Eni akan lebih baik dan efisien karena Eni sudah miliki fasilitas untuk diintegrasikan dengan IDD," ungkapnya.

Proyek ini nantinya menggabungkan empat lapangan, yakni lapangan Bangka, Gehem, Gendalo, dan Gandang. Lapangan Gehem, Gendalo, dan Gandang masuk di Blok Ganal. Adapun, Eni telah beroperasi di Indonesia sejak 2001. Saat ini, Eni memiliki portofolio aset yang besar dalam eksplorasi, produksi, dan pengembangan. (Cr)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button