NEWS
Trending

Erick Thohir Minta Pembangunan Pembangkit Berbasis Fosil Dikurangi

Erick Thohir Minta Pembangunan Pembangkit Berbasis Fosil Dikurangi

Listrik Indonesia | Menteri BUMN Erick Thohir meminta PT PLN (Persero) tak lagi bergantung pada pembangunan pembangkit listrik yang berorientasi pada bahan bakar fosil.

Erick mengatakan, pada era disruptif perusahaan-perusahaan energi dunia berlomba-lomba membangun pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan melakukan inovasi bisnisnya dengan mengurangi pembangunan pembangkit listrik  berbahan bakar fosil.

Dengan membentuk konsorsium antara tiga perusahaan BUMN, yakni PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero) dan PT Inalum (Persero) untuk membangun pabrik baterai. Adanya perusahaan ini diharapkan mengembangkan BUMN menjadi pemain di industri baterai kendaraan listrik maupun pembangkit listrik, mulai dari hulu sampai hilir.

"Turunan dari EV battery ini, khusus buat PLN nanti yang namanya genset yang kini berbahan bakar minyak, itu nanti bisa diganti dengan power battery,” ujarnya pada saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI.

Selain menggunakan baterai, Erick juga mendorong PLN untuk mulai masuk ke energi hijau (green energy). Kendati saat ini di wilayah Jawa dan Sumatera masih mengalami kelebihan pasokan listrik, namun menurutnya pembangunan energi hijau tetap harus didorong, terutama untuk di pulau-pulau kecil dan sekitarnya.

“Ke depan bisnis renewable energy pasti bergairah karena kebutuhannya,” tandasnya. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button