Event AGENDA NEWS
Trending

FORTEI-ICEE and ICT-PEP 2020, Upaya Tingkatkan Sinergi Industri dan Universitas

FORTEI-ICEE and ICT-PEP 2020, Upaya Tingkatkan Sinergi Industri dan Universitas
Listrik Indonesia | Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (Fortei) berkolaborasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, secara resmi membuka forum diskusi FORTEI-ICEE and ICT-PEP 2020, melalui platform virtual, Selasa (23/9/2020). Acara yang digelar selama 23-24 September, bertujuan untuk menyediakan platform diskusi bagi para peneliti dan praktisi untuk berbagi dan mendeskripsikan ide, temuan, dan pengalaman penelitian terbaru mereka mengenai semua aspek teknologi cerdas dan maju, serta untuk mendeskripsikan topik penelitian yang muncul dan arah masa depan di bidang teknik kelistrikan untuk memperoleh pembangunan berkelanjutan.

PLN menyadari tantangan ke depan yang makin berat, diantaranya turunnya demand tenaga listrik di Indonesia akibat pandemi  COVID-19. Untuk itu, perusahaan BUMN sektor kelistrikan ini perlu mendorong langkah inovasi guna mengantisipasi tantangan ke depan. 

Selain itu, diperlukan pemahaman yang lebih dalam lagi tentang kelistrikan guna menginisiasi ide-ide baru. Untuk itu,  PLN menggelar internasional conference FORTEI-ICEE and ICT-PEP 2020, dengan menggandeng FORTEI untuk menyelenggarakan joint conference, agar saling mendukung dan mensinergikan PLN dengan dunia akademisi dan membuka cakrawala baru bagi PLN terkait teknologi terdepan di dunia kelistrikan.

Bagi FORTEI, kolaborasi ini akan membuka sarana dan media untuk para akademisi untuk mengetahui problematika dunia kelistrikan di Indonesia secara riel dari para pelaku industri. Hal ini dalam upaya  meningkatkan kualitas penelitian dan kualitas pengajaran bagi para mahasiswa yang nantinya akan akan terjun di industri.  Tentunya sinergi ini menjadi momentum yang amat baik bagi bidang pendidikan di Indonesia dalam meningkatkan link & match industri dan universitas.

Sebagai informasi, pertemuan pertama kali antara FORTEI dan PLN pertama kali, ketika digelarnya konferensi internasional PLN 2019, di Yogyakarta. Dimana, dalam pertemuan tersebut disepakati  kerjasama secara mutualisme antara PLN dan FORTEI, tidak hanya sebatas penyelenggaran konferensi, tetapi dalam bentukkegiatan  penelitian yang akan menjawab permasalahan riel industri, khususnya PLN dalam menghadapi tantangan ke depan.

FORTEI berharap, konferensi ini menjadi jendela bagi kegiatan lain yang saling menguntungkan, tentunya dengan melibatkan IEEE Indonesia Section dan IEEE Systems, Man, and Cybernetics Indonesia (IEEE SMCS Indonesia Chapter), yang menjadi wadah bagi para professional elektronika dan elektrik sehingga bidang-bidang yang terlibat juga akan bertambah luas mencakup control, instrument dan lain sebagainya yang kita ketahui makin menjadi trend di dunia kelistrikan saat ini dengan munculnya smart grid yang membutuhkan sensor dan control yang lebih komplek.

Sebagai informasi, FORTEI merupakan wadah komunikasi Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia, untuk Strata 1 (Sarjana), Strata 2 (Magister), Strata 3 (Doktor) dan Diploma (Vokasi)/Politeknik. Anggota forum ini adalah Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki Program Studi Teknik Elektro dan Informatika. Kerja sama FORTEI ini diinsiasi oleh PLN Puslitbang melalui bidang perencanaan dan pengembangan, Ir. Winarno dan Ir. Yongky Permana MEng beserta GM Puslitbang Ir. Iswan Prahastono MPhil bersama dengan DR Sarjiya Ketua FORTEI dan DR Nur Ahmad S dari IEEE. (TS)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button