AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER MEGA PROJECT NEWS
Trending

Garap WKP Panas Bumi Arjuno Welirang, Geo Dipa Kulonuwun ke Gubernur Jatim

Garap WKP Panas Bumi Arjuno Welirang, Geo Dipa Kulonuwun ke Gubernur Jatim
Dirut PT Geo Dipa Energi, Riki Ibrahim (Kiri) bersama Gubernur Jawa Timur Kofifah
Listrik Indonesia | PT Geo Dipa Energi (Persero) mendapat penugasan dari Pemerintah untuk menggarap energi panas bumi di Gunung Arjuno Welirang, Jawa Timur. Direktur Utama Geo Dipa langsung bertemu dengan jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pertemuan tersebut langsung dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Kofifah Indar Parawansa beserta jajarannya antara lain Asisten perekonomian dan pembangunan, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Asisten Administrasi dan Umum, Asisten Pemerintahan, Kadis Pertanian dan ketahanan pangan dan Plt.Kadis Kehutanan, Kadis Perindag dan Plt.Kadis ESDM,  dan Kadis Perekonomian. Pada Selasa, (16/2/2021) di Surabaya.

Dirut PT Geo Dipa Energi (Persero), Riki Firmandha Ibrahim menjelaskan mengenai penugasan yang diterima Pemerintah pada tahun 2017/8 itu termasuk dalam program percepatan Energi Baru Terbarukan di Indonesia.  Bahwa GeoDipa Persero yang dalam pengawasan serta pembinaannya berada langsung di Kementerian Keuangan RI bersama PT SMI, PT SMF, PT PII, dan LPEI disebut sebagai Special Mission Vehicle (SMV) fokus untuk percepatan program Strategis Nasional. 

Setelah Pemerintah Jokowi menaruh perhatian besar pada perusahaan yang memiliki aset Negara di Jawa Barat (Patuha) dan Jawa Tengah (Dieng) dalam mengatasi kendala yang telah lama sekali, sejak tahun 2005 atas sengketa Hukum, dengan PT Bumigas Energy. 

Kali ini, Geo Dipa dipercaya pemerintah untuk menggarap Proyek Arjuno Welirang yang berlokasi di Jawa Timur tepatnya di gunung Arjuno Welirang dan berada di area Tahura (Taman Hutan Rakyat) Raden Soerjo. 

Riki menyebut Wilayah Kerja Produksi (WKP) panas bumi Arjuno Welirang memiliki potensi sekitar 180 MW dan menjadi salah satu bagian dari program untuk percepatan Road Map Panas Bumi Indonesia mencapai 9.000MW di tahun 2030.

Lebih detil, ia menjelaskan progres dari proyek Arjuno Welirang tersebut yang saat ini sedang menunggu penataan blok yang prosesnya akan dilakukan oleh UPT Tahura Raden Soerjo.  Perusahaan telah berkonsultasi dengan para Stakeholders Forum LLAJ Jawa Timur yaitu Polda Jawa Timur (Direktorat Lalu Lintas), Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum. 

"Kita sudah sudah direkomendasikan oleh forum LLAJ Jatim jalur mana saja yang dapat dilalui  untuk nantinya dimulai proyek ini, seperti pertimbangan Topografi Jalan di desa Prigen dengan kelokan jalan yang cukup tajam tidak direkomendasi untuk digunakan atau dipilih karena membahayakan keselamatan masyarakat," ujar Riki.

Menyambut baik program percepatan energi terbarukan yang dijalankan  Geo Dipa. Gubernur Jawa Timur Kofifah Indar Parawansa menyampaikan, bahwa pada dasarnya rakyat Jawa Timur menyambut baik adanya proyek Energi Terbarukan Arjuno Welirang.  Dirinya memberi arahan agar dapat dilanjutkan prosesnya dan beliau meminta Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur melalui PLT untuk menyampaikan perlunya diskusi dilakukan bersama Dinas Kehutanan Provinsi dalam waktu dekat dan melaporkan kemajuan dari proses persiapan proyek Arjuno Welirang.

PT Geo Dipa Energi (Persero) adalah satu-satunya BUMN yang fokus dalam eksplorasi, eksploitasi dan operasi Energi Terbarukan Panas Bumi di Indonesia, hanya melanjalankan penugasan pemerintah dengan cepat-tepat-aman dan saat ini melaksanakan program Government Drilling diseluruh nusantara bersama PT SMI dan PT PII. (Cr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button