NEWS
Trending

GE Power Mantapkan Sistem Digitalisasi di Pembangkit

GE Power Mantapkan Sistem Digitalisasi di Pembangkit
(Foto: R Akmal)
Listrik Indonesia | Setelah 70 tahun hadir di Indonesia, GE Power mulai mengembangkan konsep digitalisasi pada semua sektor kelistrikan. Apalagi solusi GE menjadi lebih luas sejak 2015 ketika GE mengakuisisi Alstom, mulai dari pembangkitnya sampai distribusinya.

Dalam media visit ke Redaksi Listrik Indonesia, Country Director GE Power Indonesia, David Hutagalung, memaparkan program GE dalam beberapa tahun ke depan. Salah satu yang menjadi konsen GE saat ini adalah soal digitalisasi dalam semua sistemnya. Digitalisasi dianggap sangat penting dan terbukti dapat melakukan efisiensi yang luar biasa.
 
Apalagi hasil observasi GE, kebutuhan listrik PLN setiap tahun sesuai RUPTL 5000-7000 MW. Namun pemerintah membuatnya menjadi program besar selama lima tahun menjadi 35.000MW. karena dengan adanya program ini, seluruh dunia diharapkan terlibat untuk berinvestasi.

Menurut David, konsep digitalisasi yang dibangun GE agar investor dapat lebih banyak efisiensi yang dibangun dengan mengoptimalkan performa asset. “Misalnya dengan digitalisasi bisa diketahui performa turbin sudah optimal apa belum. Kemudian kami juga mendapatkan analitical data bahkan sampai 10 hari sebelumnya ada peringatan. Sehingga dapat dilakukan antisipasi dari segala sisi," tambahnya. Sedangkan target untuk digitalisasi ini adalah unschedule down time tidak ada lagi.

Wayah Wiroto, Country Director Renewable Hydro GE Indonesia juga memaparkan GE tetap concern mendukung pemerintah untuk mencapai target 23% penggunaan energi terbarukan pada 2030 mendatang. Selain itu GE akan terus support berbagai program pemerintah terutama dari sisi teknologi. “ GE merupakan perusahaan yang akan tetap ada di masa mendatang dan didukung oleh perbankan yang kuat, “ tutupnya.

Dalam kesempatan media visit ini juga hadir Liasta Singarimbun ( Account Sales Director), Moris Tarigan (Country Leader), Manaf (Steam Power), dan Arya Vitha Purnamasari (Head Corporate Communication). (EP)
 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button