NEWS
Trending

GI Jaringan Transmisi 150 KV Perkuat Sistem Kelistrikan Sumatera

GI Jaringan Transmisi 150 KV Perkuat Sistem Kelistrikan Sumatera
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) berhasil mengoperasikan gardu induk (GI) dan jaringan transmisi 150 kilo Volt (kV) di dua lokasi di Sumatera menggantikan jaringan lama 20 kV.

Menurut Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto, selama ini daerah sekitar Pangururan dan Sekayu listriknya dipasok melalui jaringan 20 kV.

“Dengan masuknya sistem 150 kV dapat memperkuat tegangan, memperluas jangkauan, mengakomodir pertumbuhan beban, dan mempercepat proses distribusi ke pelanggan,” ungkap Wiluyo melalui keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu, seperti yang dituliskan, Rabu (1/11).

Dirinya mengatakan, jaringan transmisi baru di Sumatera Utara berupa Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV yang membentang dari Tele hingga Pangururan sepanjang 43,64 kilo meter sirkit (kms) ditambah dengan trafo kapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA) di GI Tele dan Pangururan sudah beroperasi mulai Kamis, 26 Oktober 2017 lalu.
 
Selanjutnya, di Sumatera Selatan, SUTT 150 kV Betung – Sekayu sepanjang 38,904 kms beserta trafo 30 MVA di GI Sekayu dan GI Betung juga telah beroperasi mulai 28 Oktober 2017 lalu.

“Seluruh proyek tersebut telah berjalan selama enam tahun atau sejak 2011 dan resmi beroperasi setelah melewati proses perizinan, pembebasan lahan, tahapan pra-konstruksi dan uji pembebanan,” jelas Wiluyo.

Dengan beroperasinya SUTT dan GI tersebut di Sumatera, lanjut Wiluyo, hal ini  dapat meningkatkan potensi penambahan jumlah pelanggan hingga 18.000 pelanggan di masing-masing daerah. “Jika diasumsikan per pelanggan menggunakan listrik daya Rumah Tangga R1-1300 Volt Ampere (VA),” tutupnya. (RG)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button