Ceremony AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Gubernur Minta Gedung Pemerintah Dan Perkantoran Gunakan PLTS Atap

Gubernur Minta Gedung Pemerintah Dan Perkantoran Gunakan PLTS Atap

Listrik Indonesia | Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta gedung pemerintah dan perkantoran mulai memasang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Atap. Pasalnya, potensi tenaga surya di Jawa Tengah cukup besar.

"Saat saya gowes berkeliling Kota Semarang, panasnya luar biasa.  Sekitar 39,6 derajat. Saya memiliki keyakinan dengan teknologi, panas tersebut bisa dimanfaatkan menjadi energi listrik yang bersih dan terbarukan," ujar Ganjar saat peresmian PLTS Atap di Pabrik Danone-Aqua secara virtual, di Klaten, kemarin.

Terlebih, katanya, Jawa Tengah telah mendeklarasikan sebagai Jateng Solar Province. Pihaknya mengklaim partisipasi sektor industri dan perkantoran untuk menciptakan energi baru dan terbarukan (EBT) dengan membangun  cukup baik.

"Kami telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 671.25/0004468 pada tanggal 1 Maret 2019 soal Implementasi PLTS Atap. Isinya menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepada perusahaan swasta di Jateng untuk membangun PLTS Atap di institusinya masing-masing," katanya.

Kondisi geografis Jawa Tengah sendiri sangat berpotensi untuk memanen energi Surya. Berada di wilayah yang memiliki intensitas penyinaran matahari 3,5 kwh/m²/hari-4,67 kwh/m²/hari, sehingga seluruh wilayah di Jawa Tengah potensial untuk dibangun PLTS.

Saat ini, lanjutnya, di Jawa Tengah telah terbangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap dengan kapasitas total sekitar 5.199 kWp. Pihaknya berkomitmen merealisasikan target pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) sebesar 21,32 persen di 2025, sebagai provinsi tenaga surya pertama di Indonesia. (pin)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button