NEWS
Trending

Gunakan Dana CSR, Jabar Caang Di Indramayu Listriki 139 Rumah

Gunakan Dana CSR, Jabar Caang Di Indramayu Listriki 139 Rumah
Pemprov Jabar melanjutkan program Jabar Caang di Indramayu untuk melistriki masyarakat tidak mampu secara gratis. (foto: net)

Listrik Indonesia | Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat menggandeng perusahaan swasta untuk menyalurkan dana corporate social responsibilty (CSR) dalam program “Jabar Caang”. Program ini akan melistriki rumah-rumah di Jawa Barat secara gratis, terutama untuk masyarakat tidak mampu.

“Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini listrik telah menjadi kebutuhan pokok karena banyak aktivitas yang dilakukan dari rumah. Namun sayangnya di Jawa Barat masih banyak warga masyarakat yang belum bisa mengakses listrik karena berstatus keluarga/warga tidak mampu,” ujar Kadis ESDM Provinsi Jawa Barat, Bambang Rianto, di Indramayu, Jum’at (9/10).

Dalam kesempatan ini, pihaknya menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) antara Pemerintah Kabupaten Indramayu, Dinas ESDM, PT. Migas Hulu Jabar ONWJ, PT. Adhi Rahayu Mandiri, PT. Bekasi Power, PT. Indocement Tunggal Prakarsa, PT. Kayaba Indonesia, PT. Asia Health Energy Beverages, PT. TD Automotive Cimpressor Indonesia, dan PT. Tirta Mas Lestari dengan Instalatir. Di Indramayu, ada 139 rumah tangga tidak mampu yang mendapatkan sambungan litsrik secara gratis.

“Sejak tahun 2001-2018 Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah melaksanakan program untuk warga yang tidak mampu. Namun sejak tahun 2019 dimulai program listrik bagi masyarakat berpenghasilan rendah ‘Jabar Caang’ yang bersumber dari Coorporate Social Responsibility (CSR) sedikitnya 35 perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah di Provinsi Jawa Barat,” katanya.

“Jabar Caang di Indramayu tersebar di 4 desa pada 3 kecamatan yakni Desa Jambak Kecamatan Cikedung sebanyak 20 KK, Desa Tinumpuk Kecamatan Juntinyuat sebanyak 34 KK, serta Desa Kedokanagung sebanyak 69 KK, dan Desa Kedokanbunder Wetan sebanyak 16 KK di Kecamatan Kedokanbunder. Secara bertahap kita terus penuhi warga yang belum teraliri listrik dengan program Jabar Caang,” lanjut Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Pjs. Bupati Indramayu Bambang Tirtoyuliono mengungkapkan, masih ada sekitar 6.000 rumah yang belum teraliri listrik di Indramayu. Pihaknya berharap, program Jabar Caang dengan melibatkan CSR perusahaan swasta ini bisa terus diperluas ke masyarakat Indramayu lainnya. (pin)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button