NEWS
Trending

Gunung Soputan di Minahasa Meletus

Gunung Soputan di Minahasa Meletus
Listrik Indonesia | Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara meletus pagi ini pukul 08.47 Wita. Letusan Gunung Soputan menyemburkan abu vulkanik setinggi 4.000 meter di atas puncak kawah.

Baru saja wilayah masyarakat Sulawesi berduka atas terjadinya gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Di wilayah Sulawesi Utara, tepatnya di Kabupaten Minahasa Tenggara, terjadi meletusnya Gunung Soputan dari video yang beredar masyarakat yang berada dekat gunung sempat dibuat panik ketika asap tebal keluar dari gunung tersebut.

"Kolom abu dengan tekanan kuat teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 39 mm dan durasi sekitar 6 menit," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/10/2018).

Kini Gunung Soputan berada pada status level siaga, hujan abu vulkanik diperkirakan jatuh di daerah di barat dan barat laut. Masyarakat diimbau agar tidak mendekati atau beraktivitas di area dalam radius 4 kilometer. Hal ini untuk menghindari potensi ancaman guguran lava maupun awan panas. (GC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button