Renewable Energy ENERGY PRIMER
Trending

Harry: Potensi Energi Surya Indonesia Luar Biasa!

Harry: Potensi Energi Surya Indonesia Luar Biasa!
Dok.MLI

Listrik Indonesia| Komitmen Indonesia untuk mencapai target penurunan emisi hingga net zero pada tahun 2060 perlu diapresiasi. Cepat atau lambat transisi energi dengan mengoptimalkan energi baru dan energi terbarukan akan menjadi kenyataan. Indonesia sendiri memiliki potensi yang begitu besar dalam menggunakan energi surya sebagai bagian dari peralihan dari energi fosil ke energi ramah lingkungan.

Indonesia sendiri memiliki potensi 400.000 Mega Watt (MW) untuk energi terbarukan. Dari jumlah tersebut, 50%-nya adalah potensi energi surya. Di sisi lain, penggunaan energi surya di Tanah Air masih sekitar 150 MW. Menurut Harry Radcliffe, Managing Director Emerging Solar Indonesia, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk memanfaatkan energi surya sebagai sumber tenaga listrik dari EBT. “Indonesia merupakan negara tropis dengan potensi energi surya yang luar biasa. Hanya saja belum dimaksimalkan penggunaannya,” ujar Harry saat berkunjung ke kantor Majalah Listrik Indonesia (21/6).

Kendati banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pemanfaatan EBT, Harry menilai saat ini adalah momentum yang tepat untuk memaksimalkannya. “Selain memiliki potensi EBT yang besar, ada peluang bagi swasta untuk memasok energi listrik sebagai Independent Power Producer,” ujarnya. Selain itu Harry juga beranggapan bawah legislator dalam beberapa tahun belakangan ini juga support penggunaan EBT. “Pemerintah juga sudah sangat mendukung transisi energi,” tambahnya.

Emerging Solar Indonesia sendiri mengklaim sebagai ahli di bidang energi baru terbarukan (EBT) dengan kompetensi teknis dan operasional yang mendalam, serta berpengalaman lebih dari 15 tahun. Tim Emerging Solar Indonesia memiliki solusi yang dapat membantu menghemat biaya listrik dan ikut berpartisipasi dalam pengurangan emisi karbon di dunia.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button