NEWS
Trending

HLN Ke-75, Menjadikan PLN Cagar Budaya Bangsa

HLN Ke-75, Menjadikan PLN Cagar Budaya Bangsa
Eko Sulistyo. (foto: net)
Listrik Indonesia | Komisaris PLN yang baru saja diangkat, Eko Sulistyo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga PLN agar semakin maju dan terus berkembang. Pada hari listrik nasional tahun 2020, katanya, PLN telah menorehkan sejarah patriotisme bagi bangsa Indonesia.

"Tidak berlebihan jika PLN layak disebut sebagai cagar budaya. Setelah lebih dari satu abad kehadiran listrik di tanah air, kini yang terjadi adalah paralelisme historis. Meski bekerja dalam senyap, listrik tetap berperan signifikan dalam mengawal peradaban bangsa kita hari ini," ujar Eko yang juga sejarawan ini, Selasa (27/10).

Menurutnya, listrik merupakan salah satu kekuatan yang mengubah sejarah yang tetap memiliki posisi sentral baik dari aspek teknis, ekonomi, dan kelembagaan. Hal ini bisa terlihat etika perkembangan pengetahuan dan teknologi berjalan begitu cepat. Dengan dukungan listrik, rekayasa apa pun bisa dilakukan, termasuk artificial intelligence.

"Tentu yang paling kasat mata adalah soal fenomena aliran informasi, dari beragam sumber yang bergerak dengan cepat dan masif," ucapnya.

Dari pengalaman empirik, bisa saja PLN menghadapi problem teknis seperti yang pernah terjadi pada awal Agustus 2019, ketika listrik padam secara masif (Jawa dan Bali), dan dalam durasi relatif lama. Atau ada kalanya, ketika PLN mengadakan giliran pemadaman listrik. Pada fase ini, etika dan profesionalisme jajaran direksi, komisaris, dan karyawan PLN, perlu terus ditingkatkan untuk mencegah hal serupa terjadi.  

"Masyarakat akan tetap percaya pada dedikasi segenap personel PLN, utamanya mereka yang ada di lapangan yang menyusuri jurang terjal dan daerah yang sulit dijangkau sebagai para “juru kunci peradaban”. Berkat mereka, negeri kita terus terang-benderang dan terang pula peradabannya. Selamat Hari Listrik Nasional," jelasnya.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button