ENERGY PRIMER
Trending

IKPT Bangun PLTBm Di Tengah Hutan

IKPT Bangun PLTBm Di Tengah Hutan

Listrik Indonesia | Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) di Mentawai ternyata tak semudah yang dibayangkan.  

Lokasinya berada di tengah hutan bambu di tiga desa yaitu Saliguma di Kecamatan Siberut Tengah, Madobag dan Matotonan di Kecamatan Siberut Selatan. PLTBm Mentawai berkapasitas 700 Kw dalam proses pembangunan ternyata mempunyai tantangan tersendiri.

Bimo Hari Kristanto Wahono Executive Officer & General Manager Business Development Unit PT Inti Karya Persada Tehnik (IKPT) menceritakan, dalam proses pembangunan PTBm berbahan bakar bambu ini,  IKPT selaku kontraktor harus menempuh jalur udara untuk mengirimkan barang untuk pembangkit. Pasalnya, apabila jalur darat untuk menempuh lokasi proyek menghabiskan waktu 4 jam belum lagi medan jalan yang tak rata di sana.

“Jadi biar efisien pengangkutan barang menggunakan helikopter ke lokasi proyek karena letaknya di tengah hutan,”ungkap Bimo. Jakarta, Kamis, (3/9/2020).

Artinya, IKPT sebagai penyedia jaa Engineering, Procurement and Construction (EPC) memperhatikan faktor lingkungan tanpa harus babat alas. Program pembangkit listrik biomassa bambu ini dimulai sejak Maret 2017 dan merupakan proyek PLTBm bambu pertama yang ada di Indonesia hasil kerja sama dengan PT Clean Power Indonesia (CPI) sebagai developer.

“Mesin pembangkit kita datangkan dari India dengan sistem kerja melalui gasifikasi. Dalam 1 plant berkapasitas 50 sampai 100 kw,”terangnya.

Lanjut, Bimo berkata, meski IKPT terbilang baru masuk pasar pembangkit listrik tapi sejumlah proyek sudah dijalankan, bahkan untuk sektor energi terbarukan. Tak hanya PLTBm Bambu, IKPT juga membangun PLTBm berbahan bakar kayu Kaliandra dan energi terbarukan lainnya seperti pembangkit mini hidro dan PLTP Small Scale di Dieng dengan PT Geo Dipa Energi (Persero).

“Sektor ketenagalistrikan itu unik dan asik,”tutupnya. (Cr)

 

 

 

 

 

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button