Indika Energy Rambah Ke Bisnis Infrastruktur EV

Indika Energy Rambah Ke Bisnis Infrastruktur EV

Listrik Indonesia | Perusahaan investasi dengan portofolio bisnis terdiversifikasi, PT Indika Energy Tbk. (Indika Energy), menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Daeyoung Chaevi Co., Ltd. (Chaevi), sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam layanan pengisian daya kendaraan listrik. Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah Indonesia, khususnya dalam pengembangan infrastruktur kendaraan listrik, dengan menghadirkan pengisi daya cepat dan ultra cepat untuk kendaraan listrik roda empat atau lebih (termasuk bus).

MOU ditandatangani saat 2023 Korea-Indonesia Economic Cooperation Forum for the 50th Anniversary of Diplomatic Relations di Seoul, Korea Selatan. Forum tingkat tinggi yang membahas kendaraan listrik dan pelayanan kesehatan ini turut dihadiri oleh Luhut B. Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi; Budi G. Sadikin, Menteri Kesehatan; Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan; Purbaja Pantja, Director and Group Chief Investment Officer Indika Energy; dan Jeong Min-kyo, CEO Chaevi.

MOU ini bertujuan untuk memperluas ekspor charger melalui kontrak keagenan dengan PT Energi Makmur Buana (EMB), afiliasi Indika Energy. “Penguatan kerja sama antara Indika Energy dan Chaevi ini diharapkan dapat memperkuat fasilitas dan infrastruktur kendaraan listrik. Hal ini merupakan bagian dari misi Indika Energy untuk menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia,” tutur Purbaja.

Februari lalu, Chaevi telah memperpanjang perjanjian distribusi dengan EMB selama dua tahun ke depan. Chaevi telah mengekspor pengisi daya bus cepat dan ultra cepat ke Indonesia melalui EMB sejak tahun 2020 dan berencana untuk memasok pengisi daya lengkap mulai dari pengisi daya lambat, cepat, dan ultra cepat yang telah dikirimkan tahun ini.

Pengisi daya ultra cepat yang diekspor Chaevi ke Indonesia rencananya akan dikirim terutama ke lokasi transportasi besar sesuai dengan kebijakan Indonesia untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan dan memperluas pasokan stasiun pengisian cepat umum. Selain itu, rangkaian pengisi daya lengkap Chaevi akan dipamerkan di showroom lokal EMB untuk memamerkan teknologi mutakhir perusahaan Korea kepada masyarakat Indonesia.

Indika Energy secara aktif mengembangkan bisnis kendaraan listriknya untuk mendukung inisiatif pemerintah Indonesia dalam mempercepat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Pada Agustus 2022, Indika Energy meluncurkan kendaraan listrik roda dua dengan merek ALVA. Selain itu, Indika Energy bersama mitra bisnisnya juga mengembangkan kendaraan komersial listrik roda empat (termasuk bus) dan baterai listrik.
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index