NEWS
Trending

Indonesia Power Dukung Pemerintah Kurangi Sampah Melalui TOSS

Indonesia Power Dukung Pemerintah Kurangi Sampah Melalui TOSS
Listrik Indonesia | PT Indonesia Power mendukung pemerintah dalam mengurangi sampah melalui program Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). Melalui TOSS sampah diubah menjadi energi. Langkah ini diwujudkan Indonesia Power bersama Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) dengan menggelar Safari Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dengan mengangkat tema Journey to the East, yang digelar dari tanggal 1 hingga 20 September 2020 dengan mengunjungi sejumlah lokasi TOSS dan melakukan kegiatan seminar serta pelatihan.

TOSS merupakan pengolahan limbah organik dari dedaunan, remuputan, dan pepohonan menjadi sumber energi altenatif. Proses pemanfatan sampah untuk dapat dimanfaatkan menjadi energi pun didemokan oleh sejumlah pekerja, di lokasi TOSS Gerakan Ciliwung Bersih, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Dimana sampah yang telah dipilah dan dicacah untuk kemudian diubah menjadi pelet agar mudah digunakan. Pelet yang sudah kering pun siap digunakan oleh masyarakat. Khususnya yang menjual makanan. Pelet yang dihasilkan memiliki kalori 3.300-4.500 kcal/kg, 

Sebelumnya, berlokasi di Rumah Ciliwung, Tanah Abang, Jakarta Selatan, Indonesia Power sebagai perusahaan energi terpercaya dan handal kembali mencuri perhatian dengan kembali berkontribusi terhadap kegiatan Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) melalui program Tempat Olahan Sampah Sungai (TOSS). Program TOSS merupakan sebuah inovasi sebagai solusi permasalahan sampah di bantaran sungai Ciliwung.

Pemanfaatannya sebagai bahan baku energi alternatif berskala komunitas setelah sebelumnya sukses dengan TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) di Bali, BOSS (Biomass Operating System Of Saguling) di Bandung dan JOSS (Jeranjang Olah Sampah Setempat) di Lombok yang turut diinisiasi oleh Supriadi Legino Komisaris Utama Comesttoarra.com.

Dalam sambutanya yang terhubung melalui platform Zoom meeting mengucapkan program TOSS ini sangat membantu masyarakat dalam segi bahan bakar kompor, "TOSS ini mempermudahkan masyarakat untuk mendapatkan bahan bakar kompor. TOSS ini juga akan berhasil jika semuanya saling bergotong royong," ucap Supriadi.

Acara yang di gelar melalui platform daring secara video conference ini akan menghasilkan terobosan-terobosan khususnya di bidang pengolahan sampah dan kita berharap pengolahan sampai di sungai dapat memberikan manfaat bukan hanya masyarakat di kawasan bantaran sungai tapi juga bisa dirasakan untuk masyarakat umum lainya.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang Pelestarian Lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melakukan perubahan perilaku untuk menjaga kelestarian lingkungan. Pada kegiatan Gerakan Ciliwung Bersih ini, Indonesia Power tidak pernah absen untuk turut hadir dan melakukan aksi nyata, salah satunya dengan memberikan bantuan untuk produksi TOSS dalam bentuk Gasifier dan Genset.

Direktur Utama Indonesia Power mengatakan, PLN dan Indonesia Power sangat welcome dan commit dengan penggunaan renewable energy dan pengembangan komunitas, maka kami yakin jika Indonesia Power akan menjadi leading dalam bidang renewable energy ujar M. Ahsin Sidqi, Direktur Utama Indonesia Power, Selasa (1/9/2020).

Sebagai informasi program TOSS ini merupakan bentuk dukungan untuk target pemerintah dalam pengurangan sampah rumah tangga serta penanganan sampah sungai. Dengan diimplementasikannya program TOSS besar harapan penerapan program dapat menyasar target pengurangan sampah rumah tangga yang dicanangkan pemerintah berkurang sebesar 30% dan untuk pemanfaatan dan penanganan sampah meningkat sebanyak 70% di tahun 2025 dapat terpenuhi. (TS)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button