Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Industri Masif Install PLTS, Penjualan Solar Panel Melonjak

Industri Masif Install PLTS, Penjualan Solar Panel Melonjak
Permintaan instalasi panel surya meningkat. (foto: net)

Listrik Indonesia | Direktur Utama PT SUN Energy, Roy Wijaya mengungkapkan, terjadi kenaikan permintaan instalasi sistem tenaga surya sebesar hampir 40% dibanding tahun sebelumnya. Permintaan ini mencakup instalasi on-grid, off-grid, dan hybrid, di seluruh wilayah di Indonesia.

“Banyak perusahaan yang berkaca mengenai apa yang bisa mereka efisiensikan, salah satunya penggunaan energi listrik. Ada sekitar lima belas instansi yang meminta pemasangan ke kami di tahun ini,” ujar Roy, di Jakarta, Jum’at (16/10).

Menurutnya, permintaan panel surya berpeluang meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Penggerak utama industri menggunakan tenaga surya disebabkan tinggnya efesiensi biaya energi. Pihaknya mengklaim pemakaian panel tersebut dapat menghemat biaya energi hingga 30%.

“Selain itu, dorongan permintaan juga timbul dari program dan kampanye pemerintah untuk penggunaan energi terbarukan. Seperti yang diketahui pemerintah ingin mengurangi emisi gas rumah kaca sebanyak 29% di tahun 2030 nanti, salah satunya dengan mendorong penggunaan panel surya," katanya.

PT SUN Energy merupakan perusahaan pengembang panel surya (solar panel) asal Indonesia. Pihaknya mengungkapkan salah satu industri yang sedang memasang panel surya adalah PT Fonterra Brands Manufacturing Indonesia, produsen susu merek Anlene. Industri ini akan menginstal panel surya dengan kapasitas 381,84 kW. Kapasitas tersebut diklaim mampu mengurangi emisi karbon hingga 4.000 ton per tahun, sehingga lebih ramah lingkungan.

Hingga saat ini, SUN Energy telah mengerjakan pemasangan panel surya di salah satu pabrik otomotif di Cikarang dengan kapasitas 1.410 kW, lalu ada juga pemasangan untuk mall QBIG di kawasan BSD City dengan kapasitas 1.010 kW. (pin)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button