NEWS
Trending

Ini Alasan Penyaluran LPG 3 Kg Secara Tertutup

Ini Alasan Penyaluran LPG 3 Kg Secara Tertutup
Listrik Indonesia | Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan uji coba distribusi tertutup liquified petroleum gas (LPG) ukuran tabung 3 kg di Tarakan, Kalimantan Utara, sejak Agustus 2016, diharapkan bisa rampung bulan depan, Oktober 2016.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengungkapkan, alasan pemilihan Tarakan sebagai lokasi uji coba yaitu, lantaran wilayahnya tertutup dan jumlah penduduknya tidak terlalu besar.

“Pemerintah daerah Tarakan sangat kooperatif dan mendukung kegiatan ini. Selanjutnya, evaluasi bakal dilakukan pada November hingga Desember 2016,” kata Wiratmaja di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (12/9).

Dirinya mengakui, pelaksanaan uji coba tertutup ini, bukan hal yang mudah. Infrastruktur pendukungnya harus dipersiapkan dengan cermat. Termasuk kartu yang akan dibagikan kepada masyarakat dan usaha mikro, serta sosialisasi ke masyarakat. Dukungan dari pemerintah daerah dan perbankan sangat penting. Dalam uji coba ini, Kementerian ESDM menggandeng perbankan nasional.

“Ini tantangan yang harus kita hadapi. Pilot project di Tarakan ini jika berhasil dengan baik, bisa kita terapkan nanti (di daerah lainnya). Bisa saja bertahap. Jika ini kita jaga, maka akan berkurang untuk kebocoran (penyelewengan),” terang Wirat.

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat dan usaha mikro yang telah memperoleh kartu, dapat membeli LPG 3 kg di pangkalan dengan metode pembayaran non-cash. Untuk masyarakat yang tidak mempunya rekening di bank, dapat melakukan pengisian uang di kartunya di pangkalan-pangkalan.

Saat ini, untuk setiap rumah tangga dapat membeli 3 tabung LPG 3 kg dalam satu bulan. Sedangkan usaha mikro mendapat jatah 9 tabung. Mereka dapat membeli dengan harga yang telah ditetapkan Pemerintah.

“Uji coba distribusi tertutup LPG 3 kg ini sejalan dengan rencana Pemerintah mengurangi subsidi LPG 3 kg pada 2018,” pungkas Wirat.
(GF)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button