Renewable Energy ENERGY PRIMER Power Plant MEGA PROJECT NEWS
Trending

Inovatif, Investor Ini Akan Bangun PLTN Berbentuk Kapal Di Indonesia

Inovatif, Investor Ini Akan Bangun PLTN Berbentuk Kapal Di Indonesia
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) terapung milik rusia. (foto: net)
Listrik Indonesia | Thorcon International menawarkan inovasi energi terbarukan lewat pembangkit listrik tenaga thorium, yang aman, andal, dan murah. Perusahaan asal Amerika Serikat ini akan membuat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) berbentuk kapal di Indonesia.

"Kami rencananya akan membangun pembangkit nuklir berkapasitas 500 MW yang dapat dioperasikan sebagai base load (beban dasar) ataupun load follow (mengikuti beban). PLTN ini dibangun dengan menggunakan metode desain struktur kapal," ujar Kepala Perwakilan 
Indonesia Thorcon International Pte.Ltd, Bob S. Effendi, di Jakarta, belum lama ini.

Kapal ini, ungkapnya, memiliki dimensi panjang 174 meter dan lebar 66 meter, yang setara dengan tanker kelas Panamax. Rencananya, PLTN berbentuk kapal ini akan dibangun oleh Daewoo Shipyard & Marine Engineering (DSME) di Korea Selatan yang merupakan galangan kapal terbesar di dunia. 

"DSME menyatakan sanggup membangun pembangkit tersebut dalam waktu 3 tahun. Sementara itu, reaktor pembangkit akan dipasok oleh Doosan, produsen alat berat asal Korea Selatan. Kami juga bekerja sama dengan PT PAL Indonesia (Persero) untuk melakukan studi pengembangan dan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT) 500 MW ini," katanya.

Jika PLTN tersebut terwujud, jelasnya, PT PAL akan mendukung fabrikasi reaktor, sementara Thorcon sebagai pemilik lisensi dan investor. Keseriusan pengembangan PLTN tersebut juga telah mendapatkan kesepakatan melanjutkan kerja sama dari Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi (P3Tek) Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (KEBTKE) Kementerian ESDM.

PLTT pertama di Indonesia ini ditargetkan akan memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sekitar 10 persen. “Thorcon berkomitmen akan terus mencoba meningkatkan persentase TKDN untuk tiap PLTT yang terpasang di Indonesia. Sehingga pasca-2030, pabrik PLTT dapat dibangun di Indonesia sebagai wujud nyata pengembangan industri nuklir di Indonesia,” tutur Bob. (zc)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button