Power Plant MEGA PROJECT
Trending

Investasi Kelistrikan Turut Terpukul Pandemi, Ini Datanya

Investasi Kelistrikan Turut Terpukul Pandemi, Ini Datanya
PLTU Jawa 8.

Listrik Indonesia | Pandemi Covid-19 turut memukul investasi sektor kelistrikan di Indonesia. Hal itu tercermen dari realisasi investasi kelistrikan sampai kuartal III/2020 hanya mencapai US$5,26 miliar atau 44% dari target tahun ini US$11,95 miliar.

 

 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat dampak pandemi Covid–19 membuat investasi di sektor kelistrikan merosot. Hingga kuartal III/2020, investasi listrik baru tercatat US$5,26 miliar atau 44% dari target.

 

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu merinci realisasi ini terdiri atas US$3,45 miliar dari PLN dan US$1,71 miliar dari produsen listrik swasta (independent power producer/IPP).

 

Sementara itu, investasi yang berasal dari private power utility sebesar US$0,11 miliar.

 

"September ini harusnya target US$7,70 miliar dolar AS, tetapi kita baru US$5,26 miliar," ujar Jisman, Minggu (8/11).

 

Menurutnya, masih rendahnya realisasi investasi sektor kelistrikan ini dipengaruhi oleh pandemi Covid–19. Situasi pandemi membuat mobilisasi tenaga kerja asing dan pengiriman peralatan atau komponen terhambat. Sehingga pekerjaan kontruksi proyek–proyek ketenagalistrikan mengalami keterlambatan.

 

Adapun, hingga akhir 2020, investasi sektor ketenagalistrikan ditarget dapat mencapai US$11,95 miliar. Kementerian ESDM berharap nanti sampai Desember ada peningkatan investasi kelistrikan, seperti pembangkit, transmisi, dan lainnya.

 

"Kami juga akan memonitor apakah bisa mencapai target," tambah Jisman.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button