Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Jadi Kota Langit Biru, Palembang Siapkan Program Strategis

Jadi Kota Langit Biru, Palembang Siapkan Program Strategis
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam webinar bertajuk 'Wujudkan Kota Palembang Kota Langit Biru dengan Kualitas Udara Baik Melalui Implementasi BBM Ramah Lingkungan'
Listrik Indonesia | Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mendorong Palembang untuk menjadi kota langit biru. Pasalnya, Palembang telah menjadi kawasan perkotaan dengan tingkat pencemaran yang cukup mengkhawatirkan.

“Maka dari itu, Palembang sebagai salah satu kota yang terkemuka di Indonesia, dan khususnya nomor dua di Sumatera, itu harus bagus dan ramah lingkungan,” ujar Budi dalam webinar bertajuk 'Wujudkan Kota Palembang Kota Langit Biru dengan Kualitas Udara Baik Melalui Implementasi BBM Ramah Lingkungan', Senin (12/10).

Dalam webinar yang digagas oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) ini, pria asli Wong Kito Galo itu telah menyiapkan sejumlah program strategis untuk mewujudkan Palembang sebagai Kota Langit Biru. Salah satunya, dia akan menyiapkan kendaraan listrik bagi kota Palembang.

“Sebenarnya, Palembang bisa menjadi contoh bagi kota-kota lainnya dalam hal pengurangan polusi udara. Potensi itu harus dimanfaatkan, apalagi Pertamina juga berencana menyuplai BBM ramah lingkungan dalam bentuk energi gas dan listrik. Jadi nanti di sana ada mobil listrik, sepeda listrik, atau bahkan mobil berbahan bakar gas, ini sangat baik," katanya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Palembang, Ansori mengatakan, pihaknya telah melaksanakan program pengelolaan kualitas udara secara periodik. Seperti pemantauan kualitas udara ambien, inventarisasi gas rumah kaca, hingga evaluasi kualitas udara perkotaan baik dengan uji emisi, road side monitoring dan traffic counting.

“Ada juga program transportasi hijau dengan penggunaan BRT, LRT dan integrasi antar moda. Selain itu, kita juga kembangkan kawasan bebas kendaraan bermotor, pengembangan jalur sepeda, konversi BBM ke BBG, panel surya untuk traffic light, pembatasan umur kendaraan angkutan umum dan lainnya,” kata Ansori. (pin)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button