NEWS
Trending

Jelang HUT RI di Jakarta, PLN Terjunkan 2356 Personel Jaga Keandalan Pasokan Listrik

Jelang HUT RI di Jakarta, PLN Terjunkan 2356 Personel Jaga Keandalan Pasokan Listrik
Listrik Indonesia | PLN siap menjaga keandalan pasokan listrik pada rangkaian peringatan HUT Republik Indonesia ke-76 di Ibukota Jakarta. Siaga dilaksanakan pada tanggal 16-18 Agustus 2021 untuk lokasi-lokasi peringatan HUT RI yaitu Gedung DPR/MPR untuk pelaksanaan Sidang Tahunan DPR – MPR RI tahun 2021, Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk acara Renungan Suci, dan Istana Merdeka untuk Upacara Peringatan Kemerdekaan RI. Selain lokasi-lokasi tersebut, 2356 personel PLN juga siap menjaga keandalan pasokan listrik untuk seluruh masyarakat di Jakarta dan sekitarnya. 

Peringatan HUT RI tahun 2021 masih dilakukan secara terbatas karena masih dalam masa pandemi Covid-19. Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN UID Jakarta Raya, mengatakan bahwa kenyamanan masyarakat dalam merayakan peringatan HUT RI secara daring sangatlah penting. Banyak kegiatan yang dilakukan dalam rangka memeriahkan kemerdekaan dilakukan secara virtual seperti upacara, lomba-lomba, dan seminar. Listrik menjadi sangat penting dalam menunjang kelancaran perayaan tersebut. 

Siaga kelistrikan yang dilakukan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya dalam rangka HUT RI yaitu memperkuat pasokan listrik ke lokasi penting dengan 2 sumber, menyiagakan seluruh personel baik yang berada di lokasi acara maupun di posko siaga, menyiapkan peralatan pendukung seperti Unit Gardu Bergerak, Unit Kabel Bergerak, dan UPS, meniadakan pemeliharaan terencana selama periode siaga, pemantauan berkala pada gardu distribusi yang memasok lokasi pantauan selama periode siaga, serta memaksimalkan metode tanpa padam atau minim padam bila ada pekerjaan yang bersifat darurat. 

“Kami harapkan masyarakat bisa nyaman di rumah saja dalam memperingati HUT RI dengan hadirnya listrik yang cukup dan andal,” terang Doddy. 

Meskipun DKI Jakarta masih dalam masa PPKM level 4, PLN akan tetap maksimal dalam melakukan siaga keandalan kelistrikan dalam rangka HUT RI. Petugas tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan melakukan sistem split work dalam piket siaga. 

Prediksi beban puncak listrik pada tanggal 17 Agustus 2021 yaitu sebesar 3447 Mega Watt. Sedangkan total daya listrik dari 6 sub sistem yang memasok wilayah Jakarta dan sekitarnya yaitu 11.059 MW. 

“Beban listrik pada saat perayaan HUT RI masih lebih kecil dari jumlah pasokan listrik yang tersedia untuk wilayah Jakarta, oleh karena itu secara kecukupan daya masih aman,” kata Doddy. 

Siaga kelistrikan dalam rangka HUT RI tidak mengurangi sedikitpun kesiagaan terhadap lokasi-lokasi penanganan pandemi Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya seperti rumah sakit, rumah sakit darurat, tempat isolasi mandiri, tempat vaksin, pabrik oksigen, dan tempat lain yang menjadi pantauan. 

“Pasokan listrik untuk lokasi penanganan Covid-19 masih menjadi pantauan kami dan tetap menjadi prioritas,” tambah Doddy. 

Melistriki tanpa henti adalah wujud bakti PLN terhadap negeri dalam rangka mengisi kemerdekaan Republik Indonesia yang sudah diperjuangkan oleh pahlawan bangsa. Sebagai perusahaan BUMN yang memiliki peran Public Service Obligation (PSO) dari pemerintah, PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Tidak hanya sekedar mengejar keuntungan, tanggung jawab sosial yang diemban juga menjadi penyemangat untuk terus berbakti menerangi negeri. 

“Dirgahayu Republik Indonesia, semoga Indonesia semakin bertumbuh dan tangguh khususnya dalam menghadapi Pandemi Covid-19,” tutup Doddy. 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button