Event AGENDA Indexs Berita
Trending

Joe Biden Segera Melenggang ke Gedung Putih, Perang Dagang AS—China Berakhir?

Joe Biden Segera Melenggang ke Gedung Putih, Perang Dagang AS—China Berakhir?

Listrik Indonesia | Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, akhirnya memenangkan pemilihan presiden AS 2020 setelah proses penghitungan suara dan terlibat pertarungan yang sengit dengan capres incumbent Donal Trump.

Biden menang usai meraup 290 electoral votes, menyusul kemenangan tipisnya di negara bagian Pennsylvania.

Seperti dilansir Fox News, Sabtu (7/11/2020), data penghitungan teranyar dari Fox News menunjukkan Biden menang atas petahana Donald Trump di Pennsylvania dengan meraih 49,7 persen suara, dengan Trump meraup 49,2 persen suara.

Biden dipastikan memenangi pilpres setelah dia diproyeksikan menang di Pennsylvania, yang memiliki 20 electoral votes. Biden juga diproyeksikan menang di Nevada, yang memiliki 6 electoral votes. Dengan tambahan 26 electoral votes dari dua negara bagian itu, maka Biden telah meraup 290 electoral votes, sedangkan pesaingnya, Donald Trump baru meraup 214 electoral votes.

Jumlah itu telah melampaui ambang batas 270 electoral votes yang diperlukan –– dari total 538 electoral votes –– untuk bisa memenangkan pilpres AS.

Sebelumnya, ada lima negara bagian yang menjadi perebutan terakhir Biden dan Trump. Kelima negara bagian itu adalah: Nevada (6 electoral votes), Alaska (3 electoral votes), Georgia (16 electoral votes), North Carolina (15 electoral votes), dan Pennsylvania (20 electoral votes).

Dari data Fox News sebelumnya, diketahui bahwa Biden unggul di Nevada, sedangkan Trump unggul di Alaska, Georgia, North Carolina dan Pennsylvania, meski kemudian posisi Biden berbalik mengungguli Trump di Georgia, dan akhirnya berhasil menjadi pemenang.

Dalam pilpres ini, kedua capres telah bersaing sengit untuk memperebutkan electoral votes. Bahkan raihan electoral votes keduanya sempat tipis selisihnya.

Sistem pilpres di AS menggunakan model electoral vote. Masing-masing negara bagian memiliki jatah electoral vote berdasarkan jumlah penduduknya.

Gedung Putih mengeluarkan pernyataan terkini tentang hasil pemilu AS. Dikutip dari AP, Ahad (8/11), Gedung Putih mengatakan Presiden akan menerima hasil pemilu.

"Presiden akan menerima hasil pemilu yang bebas dan adil," ujar pejabat Gedung Putih dalam pernyataan resminya.

Pernyataan tersebut disampaikan Gedung Putih meski Presiden Donald Trump menolak mengakui kekalahannya dari kandidat Demokrat Joe Biden. Trump bersikeras akan menantang hasil pemilu.

Terlepas soal gugatan, Biden akan menghadapi tantangan berat di bidang ekonomi. Seperti diberitakan dari BBC News, Minggu, 8 November 2020, ada lima tantangan di bidang ekonomi yang harus dihadapi kabinet Biden.

Pertama, penyelamatan Ekonomi AS. Kedua, bagaimana mengatasi ketidaksetaraan pendapatan. Ketiga Komitmen mengatasi perubahan iklim. Keempat, apakah Biden akan mengakhiri perang dagang. Kelima, sikap tegas Biden terhadap Big Tech.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button