Trending

Jurus Jitu Pemerintah Genjot Energi Baru dan Terbarukan

Jurus Jitu Pemerintah Genjot Energi Baru dan Terbarukan

Listrik Indonesia | Pemerintah menargetkan pemanfatan energi baru terbarukan (EBT) mencapai 23% dari bauran energi nasional pada 2025 dengan terus meramu aturan-aturan demi menggenjot pemanfaatan EBT.

Dalam webinar EBTKE Conex, Jumat (9/10/2020) Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan, impor energi merupakan tantangan pemerintah, terlebih energi fosil yang kian menipis. salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan EBT sebagai energi masa depan yang bersih.

Ia menjelaskan, upaya pemerintah dalam menggenjot pemanfaatan EBT salah satunya dengan melakukan upaya akselerasi pengembangan panas bumi. Bersama dengan Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM menginisiasi Government Drilling, suatu program yang diharapkan mampu mengurangi risiko hulu pemboran.

Program Government Drilling ini diharapkan mampu menarik minat investor dalam melakukan pengembangan panas bumi untuk WKP di wilayah Indonesia.

 “Pada dasarnya program ini bertujuan untuk mengurangi risiko pengusahaan panas bumi dan diharapkan mendorong pengembangan panas bumi oleh pengembang swasta dan BUMN," ungkapnya.

Adapaun pelaksanaan program ini diatur pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 62/PMK.08/2017 tanggal 12 Mei 2017 tentang Pengelolaan Dana Pembiayaan Infrastruktur Sektor Panas Bumi pada Perusahaan Perseroan (Persero) PT Sarana Multi Infrastruktur. Selain itu, telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Kementerian ESDM dengan Kementerian Keuangan tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Fasilitasi Penyediaan Data dan Informasi Panas Bumi Untuk Mendukung Percepatan Pemanfaatan Panas Bumi dalam Rangka Penyediaan Infrastruktur Ketenagalistrikan untuk mendukung implementasi program Government Drilling.

Tak hanya itu, pemerintah telah memrogamkan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) untuk daerah bekas tambang. PLTS yang floating (terapung), sudah dimulai dengan 145 MWp Cirata. Ke depan akan ada banyak bendungan yang gunakan untuk PLTS floating, juga ada PLTB Sidrap ekspansi, Sukabumi, dan lainnya. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button