NEWS
Trending

Kampung Abar Sentani, Andalkan Listrik Surya

Kampung Abar Sentani, Andalkan Listrik Surya
Listrik Indonesia | Kampung Abar yang terletak di sekitar pinggiran Danau Sentani bagian selatan, Kabupaten Jayapura ternyata belum dapat menikmati jaringan listrik dari PLN. 

Kendati belum masuknya jaringan listrik PLN ke kampung ini dari Sentani Ibu Kota Kabupaten Jayapura. Namun, sejak 2015 warga Kampung Abar telah mengenal listrik pintar yang ramah lingkungan.

Kemudian pada Juli 2018, Duta Besar Perancis Jean-Charles Berthonnet tertarik datang ke kampung ini. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kampung Abar sebenarnya merupakan pilot proyek yang dikembangkan oleh perusahaan swasta yaitu Electric Vine Industries (EVI) melalui PT Listrik Vine Indonesia (LVI).

Listrik yang dihasilkan dari PLTS ini tidak dijual ke PLN, melainkan langsung dijual ke warga Kampung Abar. Kecanggihan dari PLTS ini ialah interkoneksi ke jaringan telepon seluler (ponsel) dan dapat dipantau jarak jauh secara daring (online) melalui perangkat lunak khusus bawaan dari meteran.

Director of Alternative of Energy Solutions EVI, Matt Basinger mengatakan bahwa EVI telah mengembangkan sebuah sistem arsitektur listrik unik di pedesaan yang dinamakan Solar Vine dengan smart meter sebagai intinya.
Jadi untuk membeli listrik warga menggunakan sistem prabayar dengan cara mengirim pesan singkat dari ponsel mereka ke PT LVI. 

Cara kerjanya mirip dengan membeli pulsa nomor ponsel, pulsa token listrik langsung masuk ke meteran, sehingga tidak perlu lagi warga memasukkan angka kode token ke meteran listriknya. Inilah salah satu kecanggihan dan keandalan PLTS yang ada di Kampung Abar, Sentani, Papua. (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button