AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Kampus IT PLN Bantu Puskesmas Sindangbarang Hadirkan Listrik Mandiri

Kampus IT PLN Bantu Puskesmas Sindangbarang Hadirkan Listrik Mandiri
Listrik Indonesia | Pagi ini, Sabtu (5/6/2021) Kampus Institut Teknologi PLN ( IT PLN ), khususnya Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, menunjuk tim Pengabdian Kepada Masyarakat ( P2M ) Institut Teknologi PLN untuk membantu kebutuhan energi listrik di Puskesmas Sindangbarang, Kota Bogor.

Tim P2M IT PLN yang diketuai Hasna Satya Dini langsung bergegas menuju Puskesmas Sindangbarang, di mana selama ini Puskesmas Kota Bogor tersebut seringkali mengalami permasalahan pada kulkas vaksin yang seharusnya wajib  beroperasi 24 jam, namun jika terjadi listrik off / Padam di daerah tersebut, maka kulkas vaksin tersebut ikut berhenti beroperasi.

"Selama ini kita menggunakan back up dengan generator set ( Genset )," ujar kepala puskesmas Sindang barang drg. Rina Erliati, M. Kes.

Untuk membantu back up jika energi listrik padam selama ini puskesmas harus menghidupkan generator selain menggunakan bahan bakar solar juga harus mendatangkan teknisi listrik ke Puskesmas. 

"Kami memberikan solusi dengan  Pemasangan PLTS off grid dimana kita memanfaatkan energi matahari untuk di tangkap oleh Photovoltaic ( PV ) kemudian dilengkapi dengan inverter dan baterai sehingga dapat memback up baik pagi, siang, maupun malam jika energi PLN off / padam. Sehingga selain menghemat bahan bakar juga menghemat efisien kerja teknisi dan genset," terang Hasna selaku ketua P2M.

"Kami sangat berterima kasih kepada IT PLN khususnya team P2M saat ini yg telah membantu kami dalam memecahkan masalah yang selama ini kami alami.  Appreciate kepada seluruh team yg sudah membantu dan menyumbangkan peralatan lengkap PLTS ini dan juga sudah mengajari kami dalam SOP pengoperasian dan SOP perawatannya," tutur Rina kembali.



Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Direktur PT Sentra Teknologi Terapan ( STT ) Pawenary yang juga berprofesi sebagai Dosen IT PLN. Ia menyampaikan, PT STT siap mendukung pelatihan uji sertifikasi untuk para teknisi PLTS.

"Kami memiliki fasilitas dapat memberikan training dan Sertifikasi kepada para teknisi baik yang di Puskesmas ini, maupun puskesmas lainnya melalui PT Sentra Teknologi Terapan, jika suatu saat akan mengikuti uji sertifikasi kompetensi Bidang Pembangkit PLTS yang resmi di keluarkan oleh Dirjen Ketenagalistrikan ( DJK ) Kementerian ESDM," ujar Pawenary.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button