POWER TECH
Trending

Karya Anak Bangsa : Menyulap Bahan Nabati Untuk Bahan Bakar Diesel

Karya Anak Bangsa : Menyulap Bahan Nabati Untuk Bahan Bakar Diesel

Listrik Indonesia  | Trans tools energy namanya mesin yang diciptakan oleh Yayasan Sahabat Edukasi Lingkungan berfungsi untuk mengkonversi minyak nabati menjadi bahan bakar yang dapat di gunakan pada mesin diesel.

Tim Ahli Yayasan Sahabat Edukasi Lingkungan, Syamsul Arifin mengatakan, Tim ahli sudah melakukan ujicoba dari ketiga bahan nabati yaitu minyak sawit, minyak jelantah, minyak wijen bahkan dengan margarin pun bisa menjalankan mesin diesel. Alat tersebut dapat ditempelkan pada mesin-mesin diesel dan bisa langsung menggunakan hampir semua minyak nabati.

Selain itu, trans tools energy juga dinilai sangat ramah lingkungan, yakni tidak membuat polusi karena memakai bahan bakar yang berasal dari minyak nabati. "Minyak nabati berasal dari tumbuhan dan tumbuhan tersebut telah menyaring semua racun yang ada dan minyak nabati ini yang termasuk kategori minyak yang dapat dimakan oleh manusia," kata Syamsul Arifin, Rabu (4/11/2020).

Syamsul menambahkan, alat trans tools energy juga memiliki keunggulan lain, yakni membuat suara mesin diesel lebih halus daripada menggunakan bahan bakar solar. Sebab, alat ini mengunakan minyak nabati yang memiliki ikatan rangkap, seperti dalam senyawa ester oliad, sangat meredam dari knocking mesin.

Selain itu, effect ke mesin juga lebih dingin sehingga membuat mesin lebih awet. Alat trans tools energy juga sangat mudah di gunakan dan memasangnya tidak perlu waktu yang lama, hanya butuh beberapa menit saja.

Ketua Yayasan Sahabat Edukasi Lingkungan, Abdullah Gojali mengatakan, Alat trans tools energy ini di buat sebagai solusi dari ancaman krisis energi yang akan dialami oleh Indonesia dan banyak negara lainnya, karena keterbatasan minyak fosil dan  alat ini pun menjadi solusi ramah lingkungan karena mengurangi polusi kendaraan bermotor dan juga memberikan solusi atas pencemaran minyak jelantah yang selama ini dibuang masyarakat ke saluran air. Sehingga, kedepannya minyak jelantah dapat dikumpulkan dan digunakan untuk bahan bakar kendaraan.

“Atas penemuan alat trans tools energy ini, kedepannya minyak nabati yang dimiliki Indonesia dapat digunakan sebagai energi terbarukan yang tidak memerlukan proses yang panjang . Kami pun berharap agar alat ini bisa diproduksi dan di gunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan juga dapat dikirim ke mancanegara sebagai solusi untuk keluar dari ancaman krisis energi,” pungkasnya. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button