NEWS
Trending

Kaum Milenial Akan Memimpin di Era Industri 4.0

Kaum Milenial Akan Memimpin di Era Industri 4.0
Listrik Indonesia - Yogyakarta  |  Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Dr. Paripurna, mengatakan, saat ini banyak pekerjaan besar yang harus diselesaikan oleh bangsa ini, salah satunya adalah perlunya meningkatkan kualitas SDM yang harus terus dipacu, seiring perkembangan di bidang industrialisasi, teknologi dan inovasi yang perlu terus didorong, menanti kesediaan dan partisipasi kita bersama.

Ia mengemukakan hal tersebut saat menjadi tuan rumah seminar dan employer branding di  Grha Sabha Pramana-UGM, Yogyakarta, Kamis (25/4). Dirinya menekankan secara khusus, terkait 70% karyawan yang saat ini bekerja di PLN, diisi oleh kaum milenial, seperti dalam siaran pers yang diterima Listrik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bob Saril, General Manager (GM) PLN Disjatim yang membawakan presentasi bertajuk “PLN Bangun Negeri” dalam gaya bahasa kekinian, menjadi bagian dari tampilan para milenial PLN dalam konsep audio visual pada LED screen dan info grafis yang inovatif.

Pada paparannya, Bob menggambarkan kondisi aktual saat ini yang memperlihatkan kontribusi PLN untuk negeri. “Salah satunya adalah melalui penetapan tarif listrik yang kompetitif, ternyata menjadi sweetener bagi sektor industri. PLN juga senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan, ditambah dengan dukungan infrastruktur kelistrikan.

Hal tersebut akan mendorong masuknya investasi, sehingga pada akhirnya sektor industri mampu bertumbuh, lapangan pekerjaan akan tersedia, sehingga pada akhirnya kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Itu sebabnya mengapa listrik menjadi faktor pendorong bertumbuh (bergulirnya) roda perekonomian,” tambah Bob yang sempat menjadi GM Wilayah Sulselrabar dan GM PLN Wilayah Aceh ini.

Dalam kesempatan tersebut, diumumkan juga para pemenang kompetisi mahasiswa tingkat nasional “Unjuk Energimu” yang memperebutkan total hadiah Rp180 juta. Lomba terbagi dalam tiga kategori bertema PLN itu, yaitu vlog “Unboxing SPLU,”  Paper “Development Business New Edge,” dan pembuatan aplikasi Idea Competition bertema “Unlocking Facelift PLN Mobile.”

Dalam kesempatan yang sama, Karyawan Aji selaku Executive Talent Development PLN menyampaikan paparan bertajuk “Tantangan Milenial di Era Industri 4.0 pada Industri Kelistrikan,” menyampaikan kondisi aktual, terjadinya shifting (peralihan)  business as usual seperti perilaku membaca segala hal dari koran dan majalah secara fisik, berubah melalui media daring (online); hingga tradisi belanja online yang menggeser fungsi pasar dan mal.

“Perubahan seperti ini harus dilakukan, karena jika tidak demikian, maka mereka akan ‘tergilas’ oleh berkembangnya mekanisme perdagangan bebas yang belum pernah terbayangkan," ungkap Aji.

Sejalan dengan penerapan Industri 4.0, PT PLN (Persero) juga mulai menyesuaikan melalui penggunaan teknologi sensor secara masif, pengelolaan sumber daya secara cerdas, termasuk pengolahan big data secara intensif, sehingga dapat mengambil keputusan secara tepat dan cepat.
Salah satu aplikasi 4.0 di PLN adalah penggunaan layanan aplikasi ‘Listriqu’ –quick and quality solution– layanan total permasalahan listrik di rumah, yang dapat diunduh pada telepon seluler. PLN juga mengadopsi smart metering system, sistem meter boks yang terhubung secara online (daring) dengan PLN.

Itu sebabnya PLN menggelar employer branding di UGM ini, untuk mencari bibit unggul yang dapat berkompetisi mengembangkan perusahaan sehingga tidak hanya mampu bersaing di era digital, namun mampu mewujudkan harapannya menjadi perusahaan pengelola energi listrik kelas dunia.  (Fr/AM)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button