Trending

Keren, Kemenhub  Jadi Pionir Gunakan Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas

Keren, Kemenhub  Jadi Pionir Gunakan Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas

Listrik Indonesia | Percepatan penggunaan kendaraan listrik terus di upayakan pemerintah. Mulai dari regulasi hingga ketersediaan infrastruktur kendaraan berbasis baterai pun telah di hadirkan. Salah satu langkah nyata, Kementerian Perhubungan (Kemehub), selaku regulator sektor transportasi, melakukan pergantian kendaraan dinas dari berbahan bakar fosil dengan kendaraan yang ramah lingkungan ini.

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menyatakan kebahagiaannya karena rencana Kemenhub untuk menggunakan mobil dinas dengan kendaraan listrik dapat terwujud.  “Hari ini saya sangat berbahagia sekali sebab kendaraan dinas  Kemenhub  menggunakan  kendaraan  listrik,” kata Menteri Budi Karya, di acara Peluncuran Mobil Listrik sebagai Kendaraan Dinas Kemenhub di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2020).

 

Di kesempatan ini, Budi Karya langsung menjajal mobil listrik berwarna putih yang akan jadi kendaraan dinasnya nanti. “Nanti mobil putih ini, mobil putih berpelat nomor RI 35 yaitu nomor dinas dari Menteri Perhubungan. Oleh karenanya saya mengapresiasi para stakeholder, rekan-rekan pak Sekjen, pak Dirjen Darat dan juga ke BPTJ yang sudah mengupayakan ini semuanya,” jelas Budi.

 

Pada tahap awal peluncuran ini, mobil listrik dikhususkan untuk Budi Karya dan para pejabat eselon I terlebih dahulu. Lalu, bulan depan pengadaannya untuk pejabat eselon II Kemenhub. Setelah itu, ia berharap upaya beralih ke kendaraan listrik bisa diikuti pihak lainnya termasuk masyarakat. “Semoga dengan kita sudah melakukan ini, sekarang eselon 1, bulan depan eselon 2, dan juga bisa digunakan ke tempat lain,” imbuhnya.

 

Menurut Budi, sebelum Kemenhub, beberapa pihak ada yang sudah lebih dulu menggunakan kendaraan listrik ini sebagai kendaraan operasionalnya seperti Grab dan TransJakarta. Hal itu merupakan langkah yang positif dan diharap bisa membawa pengaruh ke masyarakat luas untuk tertarik juga beralih ke kendaraan listrik.

 

“Singkat kata kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan yang bisa menjadikan bumi ini, Indonesia, kota Jakarta lebih concern terhadap lingkungan. Tidak ada polusi, dan juga nanti kesehariannya murah karena cuma menggunakan listrik,” tuturnya.

 

Sebaga informasi, awal tahun lalu Budi pernah bilang bahwa Kemenhub bakal memesan 100 unit mobil listrik untuk dijadikan kendaraan dinas. Saat itu, Budi menyampaikan bahwa 100 unit mobil yang dipesan tersebut akan digunakan sebagai kendaraan dinas pejabat Kemenhub setingkat eselon I dan eselon II. (TS)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button