NEWS
Trending

Keren, PLN Bakal Ganti 5.200 PLTD Ke EBT

Keren, PLN Bakal Ganti 5.200 PLTD Ke EBT

Listrik Indonesia | Dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi emisi karbon dan mencapai bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% pada 2025. PT PLN (Persero) berencana mengganti sebanyak 5.200 unit  Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan pembangkit listrik berbasis EBT.

Disampaikan Direktur Mega Project PLN Ikhsan Asaad dalam Webinar SAFE Forum 2020: The Transition Toward Sustainable Energy, Rabu (26/8). Bahwa PLN berencana mengganti pembangkit energi fosil/PLTD ke energi yang lebih ramah lingkungan. Rencana ini memang sudah cukup lama. Lanjut, ia berkata, Dalam proses penggantian terlebih dahulu melihat kondisi dan cadangan energi yang ada.

“Seperti di wilayah Indonesia Timur yang memiliki potensi sinar matahari yang tinggi, jadi PLTD di sana bisa kami ganti dengan PLTS,” jelasnya.

PLN juga berencana membangun PLTS di 200 titik lokasi pembangkit berbasis diesel. "Kami memanfaatkan danau-danau untuk membuat PLTS terapung. Ini biayanya lebih rendah daripada akuisisi tanah," ujarnya.

Selain itu, PLN juga mengembangkan co-firing Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan memanfaatkan biomassa sebagai campuran batu bara. Adapaun PLTU yang menerapkan system ini yakni PLTU Paiton yang berkapasitas 2x400 megawatt (MW).

Saat ini terdapat 52 PLTU yang tengah uji coba menggunakan co-firing. Ia berharap tahun depan sudah bisa masuk komersial dengan target 10 persen penggunaan biomassanya. (CR)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button