NEWS
Trending

Kesiapan PLN UID Jakarta Raya Mengamankan Listrik Saat Musim Hujan

Kesiapan PLN UID Jakarta Raya Mengamankan Listrik Saat Musim Hujan

Listrik Indonesia | DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara menjadi pusat perekonomian dan pemerintahan. Tentu harus didukung oleh sistem kelistrikan yang andal, tetapi saat musim penghujan tiba di beberapa wilayah DKI Jakarta kerap dilanda banjir.

PLN UID Jakarta Raya sejak dulu sudah memetakan wilayah-wilayah yang kerap dilanda banijir dan mencetuskan solusi agar sistem kelistrikan Ibu Kota Negara ini tetap aman dan andal. General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan dalam acara Sosialisasi Listrik Aman Saat Musim Hujan, pada Kamis, 1 Oktober 2020. Ia menjelaskan, DKI Jakarta disuplai dari 6 subsistem (500/150 kV) dengan kapasitas total 11.460 MW dan disalurkan melalui 58 Gardu Induk (150/20 kV).

“Sejak Desember 2019 hingga sekarang PLN UID Jakarta Raya sudah melakukan perbaikan dan peninggian Gardu Distribusi antisipasi banjir sebanyak 80 unit,” ujarnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga pasokan listrik untuk 210 pompa air pengendali banjir yang berada di 6 pintu air / lokasi. Pasokan listrik utama yang dikeluarkan oleh 2 lapis pasokan listrik yang dilengkapi peralatan switching , fasilitas remote juga ditambahkan agar dapat dioperasikan secara otomatis dari Distribution Control Center di Gambir.

“Puncak musim hujan kejadian kejadian banjir, jadi semisal PLN telah melakukan pemadaman karena untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat maupun personel PLN dan menjaga keamanan peralatan instalasi listrik masyarakat dan PLN,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan langkah PLN dalam menghadapi banjir. Pertama, PLN UID Jakarta Raya mempunyai fasilitas Disaster Recover Centre (DRC) merupakan pusat kondisi kelistrikan dan upaya pemulihan. Kedua, Detasemen Pelayanan Khusus (Deyansus) 123 yang disiagakan untuk mengantisipasi bencana bencana banjir. Ketiga, koordinasi dengan instansi terkait dalam hal penanggulangan bencana.

“Kita siapkan 2688 personel danberbagai macam peralatan yang menunjang sistem kelistrikan,” jelasnya.

“Kita juga ada pelayanan listrik pascabanjir agar masyarakat aman dan tidak khawatir. Listrik pun menjadi andal, ”tambahnya. (Cr)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button