NEWS
Trending

Kini Wilayah Pedalam Papua Mulai Menikmati Listrik PLN

Kini Wilayah Pedalam Papua Mulai Menikmati Listrik PLN
Listrik Indonesia | Pulau Nusmapi yang berlokasi di Manokwari, Papua, kini para warganya bisa menikmati aliran listrik.  Hal ini seiring langkah PT PLN (Peraero) Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) yang meresmikan listrik desa atau kampung di wilayah tersebut.

Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN Haryanto WS mengungkapkan, penyaluran listrik ini merupakan program Papua Terang, PLN diharuskan untuk melistriki sekitar 2.500 desa hingga 2019 mendatang. Hingga saat ini, desa yang sudah mendapatkan aliran listrik tercatat lebih 1.200 desa di Papua dan Papua Barat. "Dengan program Papua Terang 2020, maka masyarakat di Pulau Nusmapi ini dapat menikmati listrik," katanya di Jakarta, Sabtu (17/12).

Ia menambahkan, pada 2017, pihaknya telah menganggarkan dana sekitar Rp 1,7 triliun untuk mengalirkan listrik ke berbagai wilayah di Indonesia. "Untuk tahun 2017 nanti, kami menganggarkan tidak kurang dari Rp 1,7 triliun dana yang akan diberikan untuk melistriki kurang lebih 390 desa dan 9 ibukota kabupaten yang belum berlistrik PLN di Papua dan Papua Barat," terangnya.

Sementara, Gubernur Papua Barat Abraham Oktavianus Atururi mengapresiasikan langkah perseroan untuk mengaliri listrik. Keberadaan listrik diharapkan dapat mendorong perekonomian wilayah tersebut.

"Adanya program Papua Terang sebagai bagian dari program Indonesia Terang merupakan salah satu wujud PLN untuk menerangi Tanah Papua ini. Kami dari Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada PLN karena telah memberikan listrik kepada desa/kampung di Papua Barat ini sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat yang ada di Papua Barat," ungkapnya.

Ia meminta, supaya PLN memberikan perhatian lebih pada daerah Manokwari. "Saya juga berpesan kepada PLN agar dapat memberikan perhatian lebih kepada Papua Barat, khususnya Manokwari yang merupakan ibu kota provinsi," pungkasnya. (GF)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button