AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER Transmisi MEGA PROJECT NEWS POWER TECH
Trending

Konsorsium BUMN Bakal Gandeng Investor Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik

Konsorsium BUMN Bakal Gandeng Investor Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik

Listrik Indonesia | Bisnis Ekosistem Electric Vehicle (EV) semakin menarik salah satunya pada sistem baterainya. Ketua Tim Percepatan Proyek Electric Vehicle (EV) Battery Nasional Agus Tjahajana Wirakusumah mengatakan konsorsium BUMN yang akan mengembangkan proyek baterai kendaraan listrik telah menjajaki kerja sama dengan tujuh investor global.

"Saat ini tengah dilakukan penjajakan calon mitra atau investor. Dari proses penjajakan untuk calon mitra pada gelombang pertama, terdapat tujuh grup perusahaan yang telah memenuhi kriteria diantaranya CATL, LG Chem, Samsung, Tesla, dan BYD," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Senin.

Dalam rapat tersebut Agus menjelaskan penjajakan calon mitra dilakukan atas sejumlah kriteria, antara lain memiliki jejak global di dalam industri EV  dan memiliki rencana untuk melakukan ekspansi bisnis.

Calon mitra juga harus memiliki kekuatan finansial dan investasi di bidang baterai. Kriteria terakhir yakni memiliki reputasi merek yang baik dan memiliki hubungan dengan perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM).

Kementerian BUMN sendiri telah menyiapkan konsorsium Indonesia Battery Holding (IBH) yang akan ikut membangun industri baterai kendaraan listrik. Konsorsium itu terdiri atas empat BUMN yakni PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Pertamina (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). (Cr)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button