ENERGY PRIMER
Trending

Konsumsi Gas Melambung, PGN Bidik Pasar ASEAN

Konsumsi Gas Melambung, PGN Bidik Pasar ASEAN

Listrik Indonesia | PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas PT Pertamina (Persero) berkomitmen terus mengoptimalkan penyaluran gas bumi di masa pemulihan ekonomi nasional saat ini. Kinerja penjualan gas bumi PGN mengalami peningkatan selama Triwulan I-2021 hingga di atas target.

Direktur Keuangan PGN, Arie Nobelta Kaban, menyampaikan bahwa pada Triwulan I-2021, PGN berhasil membukukan pendapatan sebesar US$ 733,15 juta. Dari pendapatan tersebut, PGN mencatat Laba Operasi sebesar US$ 95,90 juta dan EBITDA sebesar US$ 191,24 juta.

Pencapaian rata-rata penjualan gas bumi PGN Group sampai dengan Maret 2021 sebesar 916 BBTUD, atau naik 7,86 persen di atas target Triwulan I-2021. Dengan rincian, penjualan gas di PGN sebesar 835 BBTUD dan PT Pertagas sebesar 81 BBTUD.

PGN berhasil meraih peningkatan laba distribusikan ke induk menjadi US$ 61,5 juta atau Rp 870 miliar (kurs Rp 14.147 per US$) pada Triwulan I-2021, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2020 sebesar US$ 47,7 juta.

“Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan konsumsi gas bumi karena operasional pelanggan mulai rebound di sektor pembangkit listrik dan industri retail. Saat ini, PGN melayani lebih dari 495.000 pelanggan di sektor rumah tangga, UMKM, industri, dan pembangkit listik,” ungkapnya. Senin, (3/5).

Sementara itu, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Syahrial Mukhtar mengatakan, jika melihat prospek demand gas bumi yang masih menjanjikan ke depan, dimana sesuai studi diperkirakan akan ada peningkatan permintaan sampai sekitar 550 juta ton per tahun pada 2030, PGN akan berupaya untuk meningkatkan ekspansi bisnis LNG, termasuk LNG Retail.

“Untuk pasar luar negeri kita tengah melakukan pendekatan dengan pemain LNG di negara-negara target yaitu Filipina, Myanmar, Vietnam dan Thailand,” terangnya.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button