NEWS
Trending

Kunjungi Sidrap, Arcandra: PLTB Harus Berikan Manfaat untuk Masyarakat Sekitar

Kunjungi Sidrap, Arcandra: PLTB Harus Berikan Manfaat untuk Masyarakat Sekitar
Listrik Indonesia | Sebagai salah satu kebutuhan dasar, listrik harus dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, baik di daerah yang dekat maupun yang jauh dengan sumber energi. Hal inilah yang ditekankan oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dalam kunjungan kerjanya ke Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap I di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Provinsi Sulawesi Selatan.

"Di (sektor) ESDM setiap proyek harus bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar. Ini yang harus selalu ditekankan, karena tanpa adanya kebermanfaatan bagi masyarakat sekitar, tidak ada gunanya," jelas Arcandra, dirilis esdm.go.id, Jumat (30/8).

Arcandra juga menegaskan bahwa saat ini di setiap subsektor yang menjadi tanggung jawab Kementerian ESDM yakni ketenagalistrikan, migas, tambang, dan geologi, setiap investasi yang masuk harus dapat dinikmati oleh masyarakat.

"Fokus utama kita adalah taking care masyarakat di sekitar proyek, sehingga terjadi hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Dan ini selalu kita tekankan," imbuh Arcandra.

Selain masyarakat, Pemerintah Daerah juga harus mendapatkan manfaat, sehingga dapat terwujud keadilan untuk Pemerintah Daerah. "Ini sesuai dengan tema Kementerian ESDM yaitu energi berkeadilan, baik bagi masyarakat, Pemerintah Daerah maupun bagi investor itu sendiri," ujar Arcandra.

Dengan adanya investasi masuk, ia menyebut, maka pekerja lokal juga dapat bekerja di proyek tersebut. "Dan ini memberi nilai tambah untuk perhitungan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan," lanjut Arcandra.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Sidrap Mahmud Yusuf yang mendampingi Arcandra menyampaikan bahwa PLTB Sidrap telah membawa dampak positif terhadap masyarakat Sidrap. Bukan saja karena menghasilkan energi listrik, lebih dari itu, terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyerapan tenaga kerja yang diprioritaskan bagi putra daerah Sidrap. Kedepannya ia berharap, PLTB ini bukan hanya sekedar menjadi sumber listrik, tetapi juga dapat dijadikan objek wisata di daerah ini sehingga memberikan multiplier effect yang lebih besar bagi masyarakat Sidrap. (Fr)
 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button