NEWS
Trending

Lebih Dekat Dengan Shimane Nuclear Power Station

Lebih Dekat Dengan Shimane Nuclear Power Station
Listrik Indonesia - Shimane, Jepang | Delapan belas delegasi Indonesia yang terdiri dari Dewan Energi Nasional (DEN), Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Kemenristekdikti, Pemerintah Provinsi Kalbar, Komunitas Muda Nuklir Nasional Kalbar, Batan, dan Perguruan Tinggi, PP Muhammadiyah, serta Listrik Indonesia dan TV-One berkesempatan berkesempatan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Shimane yang terletak di kota Matsue, Prefektur Shimane, Jepang, (26/3).

Dimiliki dan dioperasikan oleh Perusahaan Listrik Chugoku, Perusahaan Tenaga Listrik Chugoku telah meminta izin dari pemerintah daerah untuk mengajukan permohonan inspeksi pra-startup dari unit 3 di pembangkit listrik tenaga nuklir Shimane di prefektur Shimane Jepang.

Konstruksi Shimane 3 dimulai pada bulan Desember 2005 dan unit telah dijadwalkan untuk memulai operasi komersial pada Desember 2011. Namun, pada bulan Februari 2011 - sebulan sebelum kecelakaan di pabrik Fukushima Daiichi - Chugoku mengumumkan bahwa pengisian bahan bakar dan start-up reaktor telah tertunda tiga bulan karena kesalahan dengan mekanisme penggerak batang kendali. Seperti reaktor Jepang lainnya yang dapat dioperasikan, Shimane 3 tidak beroperasi setelah kecelakaan itu.

Berdasarkan peraturan  Otoritas Regulasi Nuklir Jepang  (NRA), operator instalasi diharuskan untuk mengajukan permohonan ke NRA untuk: izin membuat perubahan pada instalasi reaktor; persetujuan rencana konstruksinya untuk memperkuat pabrik; dan, inspeksi keselamatan akhir untuk memastikan unit memenuhi persyaratan keselamatan baru. Operator diwajibkan untuk menambah peralatan peningkatan keselamatan tertentu dalam waktu lima tahun setelah menerima persetujuan NRA dari program kerja rekayasa reaktor.

Chugoku akan menjadi utilitas Jepang kedua yang berlaku untuk NRA untuk inspeksi keselamatan pra-operasi untuk reaktor tenaga nuklir baru sejak kecelakaan Fukushima Daiichi. Yang pertama adalah Japan Electric Power Development Corp (J-Power), yang diterapkan pada Desember 2014 untuk inspeksi unit satu di pembangkit listrik tenaga nuklir Ohma, juga sebuah ABWR, sedang dibangun di prefektur Aomori. Namun, dengan konstruksi Shimane 3 yang lebih maju daripada Ohma 1, Shimane 3 kemungkinan akan menjadi reaktor baru pertama yang mulai beroperasi di Jepang.

Sebagai informasi Shimane 1 dengan jenis reaktor BWR beroperasi sejak tahun 1974 dengan kapasitas daya 460 MW akan dinonaktifkan. Shimane 2  beroperasi sejak 1989 berkapasitas 820 MW dan Shimane 3 dengan jenis reaktor ABWR kapasitas 1.373 MW mulai beroperasi 2012. Advanced boiling water reactor (ABWR) adalah reaktor air mendidih Generasi III. ABWR saat ini ditawarkan oleh GE Hitachi Nuclear Energy (GEH) dan Toshiba. ABWR menghasilkan tenaga listrik dengan menggunakan uap untuk daya turbin yang terhubung ke generator; uap dididihkan dari air dengan menggunakan panas yang dihasilkan oleh reaksi fisi dalam bahan bakar nuklir. (DH)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button