Ceremony AGENDA NEWS
Trending

Lewat Lampu Tenaga Surya, IT-PLN Dekatkan Energi Terbarukan ke Masyarakat Desa

Listrik Indonesia | Pengenalan energi terbarukan dalam Rangka Pemerataan Kelistrikan di Desa Kadubeureum Kabupaten Serang Banten Sebagai implementasi Sustainable Development Goals (SDGs), Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi PLN yang tahun ini dipimpin oleh Alex Fernandes kembali mengadakan pengabdian masyarakat untuk membina desa di Padarincang Serang Banten pada tanggal 27-29 Juli 2022, setelah sebelumnya membina Desa Cilatak Serang Banten sejak tahun 2018 dan hingga kini masih terbina dengan baik.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), capaian elektrifikasi pada 2017 sebesar 94,83%. Elektrifikasi merupakan perbandingan antara rumah tangga yang telah terlistriki dan rumah tangga yang belum tersambung listrik. Berdasarkan data itu, artinya saat ini masih ada sekitar 3,1 juta rumah tangga yang belum menikmati listrik.

Kondisi Desa Kaduberuem Kecamatan Padarincang Serang Banten juga sangat memperihatinkan ketika malam tiba. Sama seperti suasana Desa Cilatak terdahulu, suasana gelap mencekam mengakibatkan aktifitas warga segera usai. Keluhan warga tersampaikan kepada Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Institut Teknologi PLN. Segera tim melakukan survei dan pencatatan kebutuhan juga menghitung kebutuhan lampu jalan di desa tersebut.  

Setelah semua siap akhirnya tim berangkat menuju Desa Kaduberuem yang terletak di Serang Banten. Sambutan warga sangat antusias. Didahului dengan penyuluhan tentang pemasangan lampu bertenaga surya kepada pemuda desa yang disaksikan perangkat desa setempat, kemudian dilakukan pemasangan lampu jalan di beberapa titik.

“Pada kesempatan ini kami memasang lampu penerangan jalan umum bertenaga surya dengan teknologi baru, dimana ada sensor gerak sehingga ketika ada yang melewati lampu tersebut, lampu akan menyala lebih terang dan itu meningkatkan umur lampu sehingga tidak mudah rusak” ungkap Nurmiati Pasra selaku penanggung jawab di bidang edukasi. 

“Kami bersyukur walau masih dalam masa pandemi kami dapat melakukan penambahan lampu penerangan jalan sehingga bisa bermanfaat bagi warga” seperti yang dikatakan Kartika Tresya Mauriraya selaku penanggung jawab komunikasi.

Saat ini telah terpasang 10 titik tambahan lampu penerangan jalan umum, yang salah satunya dipasang di tempat pengajian/mushola, sehingga anak - anak semakin semangat untuk belajar mengaji dan beraktivitas di sana ungkap Andi Makkulau. Para angota lainnya seperti Rio Afrianda, dan  Nana Suryana mengungkapkan rasa syukur dan harapannya Semoga kita bisa terus membina desa ini agar semakin benderang dan berteknologi tinggi bersama Institut Teknologi PLN. 

Setelah lampu terpasang, Tim ini mengadakan penyuluhan tentang perawatan dari lampu tersebut, dan juga sosialisasi bagaimana menggunakan peralatan listrik yang bijak agar terhindar dari kosleting listrik, dan kegiatan ini sangat disambut antusias oleh warga, dan kegiataan ini diakhiri dengan proses pengecekan apakah lampu menyala dengan baik pada malam hari serta pemberian tanda terima kasih berupa piagam penghargaan dan keperluan informasi untuk desa yang diterima oleh Dedi Hardianto sebagai Tokoh Masyarakat dan Sayuti sebagai ketua RW setempat dikeesokan harinya.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button