Trending

Lindungi Keanekaragamn Hayati, PJB Lepas 3000 Tukik ke Alam Liar

Lindungi Keanekaragamn Hayati, PJB Lepas 3000 Tukik ke Alam Liar
Dok. PT PJB

Listrik Indonesia | Selain memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pelanggan, PJB juga memiliki perhatian khusus terhadap keanekaragaman hayati terutama satwa yang hidup di sekitar lingkungan unit.

 

Salah satu aksi nyata yang dilakukan oleh PJB melalui UBJOM Pacitan adalah dengan melakukan pelepasan tukik (bayi penyu) ke laut bebas. Program pelepasan ini secara konsisten telah dilakukan sejak tahun 2016, dimana pada tahun 2021 kegiatan dilakukan di Pantai Taman Kabupaten Pacitan.

 

Pada kesempatannya, General Manager PT PJB UBJOM Pacitan, Dwi Juli Harsono menyampaikan dukungannya terhadap Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu ini. “Melalui upaya konservasi dalam program pelestarian tukik, bukan hanya dilakukan untuk meminimalkan dampak dari kegiatan operasi, tetapi juga bagian dari komitmen kami dalam implementasi pelestarian lingkungan di sekitar unit pembangkit terutama di wilayah UBJOM Pacitan,” ujar Dwi.

 

Jika diakumulasikan dari 5 tahun terakhir pun, telah tercatat lebih dari 3000 tukik yang telah dilepas ke laut bebas oleh tim PJB UBJOM Pacitan Kegiatan pelepasan tukik ini juga merupakan kolaborasi antar Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Desa Hadiwarno. Secara keseluruhan, konservasi penyu sendiri memiliki beberapa program lainnya seperti pembuatan paving sebagai area konservasi dan penanaman bibit pohon ketapang untuk tempat habitat telur penyu.

 

Bersama dengan program-program lainnya, pelepasan tukik menjadi salah satu wujud dari dukungan PJB dalam merealisasikan SDG 14 : Life Below Water, dimana PJB memiliki prinsip untuk saling menjaga ekosistem yang ada di sekitar PLTU ataupun bawah laut. (TS)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button