NEWS
Trending

Listrik Tegangan Tinggi Pertama di Papua Beroperasi

Listrik Tegangan Tinggi Pertama di Papua Beroperasi
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) telah meresmikan pengoperasian tiga infrastruktur ‎kelistrikan bertegangan tinggi pertama di Jayapura, Papua.

Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN,‎ Ahmad Rofik menyebutkan, infrastruktur tersebut adalah sistem 150 kV pertama di Papua yang terdiri dari Gardu Induk (GI) 150 kV Jayapura, GI 150 kV Holtekamp dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Holtekamp-Jayapura.
 
Dioperasikannya GI dan SUTT 150 kV bisa meningkatkan rasio elektrifikasi Papua dan nasional. Saat ini, Provinsi Papua dan Papua Barat masih tergolong provinsi dengan rasio elektrifikasi terendah di Indonesia. Tercatat hanya 53,2 persen pencapaian rasio elektrifikasinya.

Ketiga infrastruktur ini direncanakan selesai dalam kurun waktu dua tahun dan memakan biaya sebesar Rp 341 miliar, sumber dananya berasal dari anggaran PLN. Pembangunan ketiga infastruktur di Papua juga akan melibatkan 400 pekerja, dengan lebih dari 100 orang merupakan pekerja lokal.

“Adanya pengoperasian tiga infrastruktur ‎kelistrikan bertegangan tinggi pertama di Papua, tentu meningkatkan jumlah pelanggan baru dan menumbuhkan perekonomian provinsi tersebut,” pungkas Ahmad Rofik. (GC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button