NEWS
Trending

Lokal Konten Masih Hanya Wacana

Lokal Konten Masih Hanya Wacana
Listrik Indonesia | Adanya kebijakan yang mengatur Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk barang dan jasa di sektor ketenagalistrikan dengan tujuan memakmurkan produsen lokal. Namun, menurut Henkie Leo, Ketua Indonesia Boiler dan Turbine Association (IBTA), dinilai hanya isapan jempol pada praktiknya, alias hanya wacana.

Ketua Indonesia Boiler & Turbine Association (IBTA), Henkie Leo kembali menyuarakan dengan tegas, terkait realisasi kebijakan TKDN dan penggunaan barang dari produsen lokal di sektor ketenagalistrikan.

Ia menilai pada praktiknya tidak berjalan. Menurutnya, Daftar Penyedia Terseleksi (DPT) sebagai persyaratan suplai barang untuk PLN sama dengan menutup kesempatan bagi produsen lokal, di sisi lain persyaratan DPT tersebut seolah tak berlaku bagi produsen asing atau luar negeri untuk mengekspor barangnya ke Indonesia.

Adapun kriteria teknis wajibnya yang dibuat PLN sebagai berikut :
·    Produsen harus mempunyai pengalaman dalam 25 tahun terakhir sebagai produsen untuk memasok peralatan utama
·    Satu kontrak untuk lokal yang telah berhasil dalam operasi komersial berkelanjutan selama 2 tahun setelah COD
·    Dua kontrak untuk internasional yang telah berhasil dalam operasi komersial berkelanjutan selama 3 tahun setelah COD
·    Harus memberikan surat kepuasan dari klien
·    Berhasil dalam operasi komersial berkelanjutan selama 2 tahun untuk lokal dan 3 tahun untuk internasional setelah COD
·    Kode Internasional Wajib yang Digunakan dan Standar yang diketahui oleh PLN Untuk Diverifikasi oleh PLN
·    Pengalaman yang diklaim adalah desain dan pembuatan / pembuatan pemohon dan bukan pengalaman orang lain atau pemberi lisensinya.

Dengan kriteria wajib teknis tersebut sebagai persyaratan DPT, ini sama halnya memberatkan produsen lokal. Ia mengatakan, bagaimana produsen lokal ingin mempunyai pengalaman untuk memenuhi persyaratan tersebut, jika belum terlalu banyak diberi kesempatan.

“Seumur hidup saya belum pernah melihat syarat permintaan seperti ini. Local Company harus pernah ekspor, artinya local company yang belum pernah ekspor akan mati. Ini namanya mission impossible, lebih baik bilang saja tak mau pakai barang buatan lokal,” tandasnya. (GC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button