NEWS
Trending

Mahasiswa, TNI, dan Lapan Bantu Wujudkan Papua Terang

Mahasiswa, TNI, dan Lapan Bantu Wujudkan Papua Terang
Listrik Indonesia | Dalam rangka meningkatkan aksesibilitas masyarakat dan rasio elektrifikasi di wilayah Indonesia timur, PLN bersama lima perguruan tinggi, TNI AD, dan LAPAN bersepakat untuk mewujudkan Papua terang.

Daerah Papua ditargetkan dapat terlistriki oleh PLN hingga 99% di 2019. Kondisi kelistrikan Papua dan Papua Barat saat ini memiliki daya mampu pembangkit sebesar 358,41 MW dengan beban puncak 294,24 MW, transmisi sepanjang 218 kms dan gardu induk berkapasitas 144 MVA. Maka, untuk mewujudkan hal tersebut, sinergi lima sektor dibentuk yakni dengan melibatkan lima perguruan tinggi diantarannya UI, ITB, UGM, ITS dan UNCEN. Lalu, juga bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Sebelumnya, kurang lebih 120 mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut diterjunkan untuk untuk melakukan survey kelistrikan desa di Papua. Survey tersebut terkait dengan posisi desa dengan GPS, jumlah rumah dan jarak antar rumah, serta potensi alam yang dapat digunakan untuk penerangan. Seiring di wilayah Papua ada pemekaran desa, tercatat 30,39% rasio elektrifikasi di Papua dan Papua Barat.

Sekitar 1.200 desa yang akan dilistriki PLN di Papua & Papua Barat pada tahun ini dimana diantaranya adalah 415 desa yang akan disurvei oleh peserta Ekspedisi Papua Terang.  Total peserta yang akan mengikuti Ekspedisi Papua Terang sekitar 500 orang yang terdiri dari mahasiswa dari 5 PTN, akademisi, pegawai PLN yang menjadi relawan, TNI AD dan LAPAN yang akan disebar ke 415 desa dari 5 posko yang dituju, yaitu: Posko Jayapura, Posko Wamena, Posko Nabire, Posko Timika, dan Posko Merauke. (GC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button