Manfaat Luar Biasa! Bantuan Listrik Gratis dari PLN Mengubah Hidup 264 Keluarga di Majalengka

Manfaat Luar Biasa! Bantuan Listrik Gratis dari PLN Mengubah Hidup 264 Keluarga di Majalengka

Listrik Indonesia | PLN (Persero) Salurkan Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis untuk 264 Keluarga Tidak Mampu di Majalengka.

PT PLN (Persero) dengan bangga mengumumkan penyaluran Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 264 keluarga tidak mampu di Majalengka, Jawa Barat. Bantuan ini merupakan upaya konkret dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan mewujudkan keadilan energi bagi seluruh masyarakat.

Salah satu penerima bantuan, Jaja (67), merasa sangat bersyukur atas bantuan listrik yang diberikan oleh Pemerintah melalui PLN. Dengan senang hati, Jaja berkata, "Kami merasakan manfaat luar biasa dari program bantuan ini dan kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah. Alhamdulillah, kami tidak lagi bergantung pada listrik orang lain, karena rumah kami kini memiliki pasokan listrik sendiri."

Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana, mengungkapkan bahwa dalam era digitalisasi, kehadiran listrik sangat penting. Setiap kegiatan membutuhkan akses listrik, baik itu dalam industri, bisnis, maupun kebutuhan rumah tangga. Tarsono menyampaikan terima kasih atas program bantuan ini, yang memungkinkan masyarakat tidak mampu di Kabupaten Majalengka menikmati pemasangan listrik secara gratis.

Nurhasan Zaidi, Anggota Komisi VII DPR RI, turut hadir dalam upacara penyalaan listrik di Desa Cimanggu, Kecamatan Cigumbul pada Senin (22/05). Dia menyampaikan apresiasinya terhadap program BPBL yang telah direalisasikan. Menurutnya, kemajuan suatu daerah harus dimulai dengan membangun sumber daya manusia, yang memerlukan akses listrik yang memadai.

"Untuk Majalengka maju, sumber daya manusia harus diberdayakan, diberdayakan melalui listrik agar terang. Program BPBL luar biasa, saya yakin dengan kelanjutannya, Majalengka akan maju di masa depan," ujar Nurhasan.

Sementara itu, Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, M. P. Dwi Nugroho, menjelaskan bahwa program BPBL di Kabupaten Majalengka mencakup 22 kecamatan.

"Dalam tahun 2023 ini, direncanakan akan ada alokasi 22.000 rumah tangga penerima BPBL di seluruh Jawa Barat," ungkap Dwi.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan bahwa program BPBL merupakan bukti nyata kehadiran negara dalam mewujudkan energi yang adil. Oleh karena itu, PLN akan terus mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi agar semua masyarakat dapat mengakses listrik yang cukup dan andal, terutama di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) guna mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Program ini merupakan wujud dari sila ke-5, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. PLN yakin bahwa kehadiran listrik dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, program ini akan terus dipercepat, dan PLN siap untuk bekerja sama, berkolaborasi, dan melangkah bersama untuk melaksanakan tugas mulia ini," tegas Darmawan.
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index