NEWS
Trending

Manfaatkan Energi Terbarukan, Medco Power Operasikan PLTP Terbesar di Dunia

Manfaatkan Energi Terbarukan, Medco Power Operasikan PLTP Terbesar di Dunia
Listrik Indonesia | PT Medco Power Indonesia (MPI) telah mengoperasikan secara komersial fase pertama Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla dengan kapasitas 110 Megawatt (MW) yang berlokasi di Tapanuli, Sumatera Utara (Sumut). MPI merupakan perusahaan milik bersama PT Medco Energi Internasional Tbk dan PT Saratoga Power.
 
MPI sendiri merupakan sponsor dari Sarulla Operations Ltd (SOL) bersama perusahaan internasional lain yaitu INPEX Corporation, Ormat International Inc., ITOCHU Corporation, dan Kyushu Electric Power Co. Inc.
 
Direktur Utama Medco Power Indonesia, Fazil Erwin Alfitri mengatakan, proyek ini merupakan salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) terbesar di dunia dengan kapasitas total mencapai 330 Megawatt (MW) dalam kontrak tunggal.
 
“Tenaga listrik yang dihasilkan dari PLTP Sarulla dijual ke PT PLN (Persero) dengan jangka waktu hingga 30 tahun. Proyek ini akan terdiri dari tiga fase, untuk fase kedua dan ketiga dengan kapasitas masing-masing sebesar 110 MW rencananya akan beroperasi secara komersial pada 2017 dan 2018,” kata Fazil dalam rilis yang diterima listrikindonesia.com, Jakarta, Jumat (24/03).
 
Ia mengungkapkan, PLTP Sarulla akan menghasilkan energi listrik dengan emisi gas buang (CO2) rendah, sehingga bisa mengurangi dampak terhadap lingkungan dan juga menghasilkan listrik yang lebih stabil. “Diharapkan PLTP Sarulla dapat memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera Utara dan mendukung penghematan bahan bakar minyak dengan pemanfaatan energi terbarukan,” lanjutnya.
 
Pada 29 September 2016 silam, Ia mengatakan, Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya PT. Medco Geothermal Sarulla (MGS) dengan SOL telah menandatangani perjanjian kerjasama pengoperasian dan pemeliharaan (O&M) untuk pembangkit listrik Sarulla dengan total kapasitas 330 MW, yang akan berlaku efektif terhitung sejak tanggal ditandatanganinya perjanjian tersebut.
 
“MPI telah diakui dan mendapatkan kepercayaan untuk melakukan pengoperasian dan pemeliharaan atas PLTP tersebut. Ini sejalan dengan wujud komitmen MPI dalam menjalankan bisnis yang berbasis ramah lingkungan dan menggunakan energi terbarukan,” tuturnya.
 
“Medco Power Indonesia tetap berpegang pada komitmen untuk menjadi produsen tenaga listrik yang bersih dan ramah lingkungan melalui penggunaan teknologi,” tandasnya. (GF)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button