NEWS
Trending

Manfaatkan Sampah Jakarta, BPPT Bangun PLTSa Bantargebang

Manfaatkan Sampah Jakarta, BPPT Bangun PLTSa Bantargebang
Listrik Indonesia |  Berbagai upaya dilakukan pemerintah supaya bisa efektif dalam pengolahan sampah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

“Ini adalah langkah besar ketika sampah itu tidak hanya ditangani, tetapi digunakan untuk manfaat yang lainnya. Dalam hal ini bisa dijadikan listrik,” ujar Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, saat groundbreaking PLTSa di TPST Bantargebang, Rabu (21/3).

Kendati teknologi yang digunakan masih dalam pengembangan, jika berhasil menghasilkan listrik secara optimal dan efisien, maka negara bisa mewujudkan target untuk mengefisiensikan anggaran dan memenuhi rasio elektrifikasi daerah sekitar.

“Tadi juga menarik, prototype ini bisa mengolah sebanyak 50 ton dengan menghasilkan listrik, ini akan memperbaiki tingkat ekonomi. Kalau memang bisa sedikit syaratnya dan lebih murah biayanya, tentu BPPT akan lebih hebat daripada penyedia-penyedia teknologi yang lain,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala BPPT, Unggul Priyanto berharap agar pembangunan pilot project PLTSa ini dapat diselesaikan dalam satu tahun ini. Unggul meminta komitmen tinggi dari berbagai pihak, untuk mendukung kesuksesan proyek sehingga bisa terus dikembangkan.

“Dengan demikian apabila ke depan pilot project ini betul-betul bisa dijadikan model, nanti bisa dikembangkan lebih lanjut,” jelas Unggul. (GC/f)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button