ENERGY PRIMER Fossil Fuel NEWS
Trending

Medco Gandeng Kansai Electric Bangun PLTGU

Medco Gandeng Kansai Electric Bangun PLTGU
Kantor Pusat Kansai Electric Co.Ltd (Kepco) di Osaka Jepang.

Listrik Indonesia | PT Medco Energi Internasional Tbk, Perusahaan minyak dan gas bumi, menggandeng perusahaan energi asal Jepang Kansai Electric Power Company untuk membangun pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU).

Medco Power, anak usaha emitens berkode saham MEDC itu membentuk usaha patungan (joint venture) dengan perusahaan listrik terbesar asal Jepang itu untuk membangun pembangkit listrik berbahan bakar gas alam di Indonesia.

Chief Executive Officer Medco Energi Internasional Roberto Lorato menjelaskan bahwa unit usaha baru yang dibentuk bergerak di bidang pembangkit listrik (independent power producer/IPP) berbahan bakar gas, serta jasa operasi, dan pemeliharaan.

“Kolaborasi teknis dan finansial antara Medco Power dan Kansai Electric ini akan membuka potensi dan pengembangan perusahaan kami pada sektor ketenagalistrikan di Indonesia, sejalan dengan strategi perseroan untuk menjadi pemain sektor energi terkemuka,” ujarnya seperti dikutip dari website Medco Energi, Selasa (7/9).

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria, mengatakan bahwa penandatangan aliansi strategis tersebut akan memperkuat posisi Medco Power untuk terus berekspansi.

“Aliansi dengan Kansai Electric akan memperkuat kapabilitas Medco Power untuk dapat terus mengembangkan bisnis Gas IPP dan O&M [operation and maintenance] di Indonesia melalui penerapan teknologi terkini dengan standar internasional yang tinggi,” ujar Eka.

Saat ini Meco Energi memproduksi gas sekitar 70.000 barel setara minyak per hari (MBoepd) pada 2019. Sementara itu, cadangan dan sumberdaya gas MEDC mencapai 998 Mmboe.

MEDC terus menangkap peluang ekspansi pertambangan gas dengan mengikuti eksplorasi sumur gas di Paus Biru-1 dan eksploitasi gas perdana di Lapangan Meliwis pada Juli 2020.

Salah satu proyek Medco Power yaitu proyek PLTGU Riau dengan total kapasitas 275 MW dan ditargetkan beroperasi komersial pada 2021. Dalam proyek ini, Medco Power menggandeng RATCH Group Public Company Limited.

PT Medco Power didirikan pada 2004 dan telah menjadi salah satu perusahaan listrik swasta (IPP) di Indonesia untuk PLTGU dan dan energi terbarukan.

Medco Power memiliki kapasitas bruto pembangkit lebih dari 3.300 megawatt dalam bisnis gabungan IPP dan O&M, di 18 lokasi di Indonesia. Sebagian besar merupakan operasi dan perawatan pembangkit.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button