Trending

Melalui Proyek IndoKeppel, Komitmen ABB Dukung Pertumbuhan Data Center di Indonesia

Melalui Proyek IndoKeppel, Komitmen ABB Dukung Pertumbuhan Data Center di Indonesia
Dok. ABB Indonesia

Listrik Indonesia | Saat ini, data center IndoKeppel di Indonesia menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS) dari ABB tipe PowerWave 33, untuk pasokan listrik yang efisien. Pasar data center di Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir, seiring melesatnya jumlah pengguna internet dan media sosial, yang diperkirakan mencapai sekitar 29 juta pengguna baru dan angka pertumbuhan di sektor e-commerce sebesar 37%.

 

Hal ini juga ditambah dengan rencana pemerintah untuk mendorong pertumbuhan infrastruktur berbasis digital dan semakin luasnya tingkat konektivitas di Indonesia. Semua ini mendorong pertumbuhan yang sangat besar akan berbagai solusi inovatif untuk data center.

 

ABB di Indonesia dengan dukungan distributor resminya, PT Vektordaya Mekatrika, telah memasok

Uninterruptible Power Supply (UPS) PowerWave 33 untuk IndoKeppel Data Centre 1 (IKDC1), sebuah

pengelola data berbasis (colocation data center) yang berlokasi di Bogor, sekitar 35 km arah selatan dari

Jakarta, Indonesia. IKDC1 akan dibangun dalam tiga tahap di lahan seluas 7 hektar. Di tahap pertama, pembangunan meliputi fasilitas utama untuk server dan rak.

 

Keppel Data Centers memiliki rekam jejak dalam memiliki, mengembangkan, dan mengelola fasilitas data center independen berkualitas tinggi yang mendukung sistem komputerisasi yang kritikal. Berkomitmen kuat pada bisnis yang berkelanjutan, Keppel Data Center menawarkan rangkaian solusi menyeluruh maupun yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien (build-to-suit), selain solusi sebagai pengelola data berbasis (colocation) yang dibangun dengan standar industri tertinggi.

 

Dorong Transisi Industry 4.0

 

Fasilitas data center ini ditargetkan mulai beroperasi di 2021 dengan kapasitas yang dapat dikembangkan seiring meningkatnya kebutuhan klien akan infrastruktur IT yang efektif di Indonesia.

Proyek IKDC 1 ini merupakan kerja sama antara Salim Group dan Keppel Data Center untuk membangun

dan mengelola data center yang independen dan selalu dapat diandalkan.

 

Kerja sama ini juga mendorong transisi menuju Industry 4.0 di Indonesia dan penyediaan infrastruktur masa depan yang andal, cerdas dan berkelanjutan. Saat beroperasi nanti, data center ini dapat melakukan proses pemeliharaan pada sistem listrik dan pendingin tanpa mengalami gangguan layanan apa pun, dan hal ini merupakan daya tarik utama bagi berbagai pelaku usaha berbasis cloud skala besar, lembaga keuangan, dan perusahaan lokal.

 

Proyek ini menggunakan PowerWave 33 dari ABB, sebuah UPS dengan konversi ganda (double conver-sion), yang mampu menghantarkan pasokan listrik dengan andal untuk infrastruktur jaringan yang kritikal, baik untuk data center itu sendiri maupun proses monitor keseluruhan. Dengan kemampuan proteksi arus listrik yang maksimal, PowerWave 33 memiliki footprint yang kecil dan memerlukan energi yang lebih sedikit dibandingkan model di luar ABB dengan peringkat daya yang sama.

Hal ini tentunya akan membantu dalam penghematan yang signifikan. PowerWave 33 juga menawarkan efisiensi hingga 96% pada mode konversi ganda atau 99% pada mode eco, untuk berbagai ukuran beban.

 

Tingkatkan Efisiensi dan Kinerja

 

Jorge Aguinaga, Head of Electrification, ABB di Indonesia, mengatakan, kami memahami kebutuhan pelanggan akan pentingnya kestabilan pasokan listrik untuk memastikan infrastruktur kritikal tetap beroperasi 24/7. “Pelanggan memerlukan proteksi yang tidak hanya cerdas, namun juga dapat diandalkan untuk pasokan listrik, dan hal ini dapat diperoleh dengan dukungan UPS ABB. “PowerWave 33 dari ABB memberikan kombinasi yang luar biasa antara efisiensi energi dan kinerja daya listrik secara keseluruhan untuk industri data center,” jelas Aguinaga, melalui keterangan tertulis, Rabu (25/8).

 

PowerWave 33 menawarkan fleksibilitas untuk mengakomodasi peningkatan kebutuhan daya listrik dan menyediakan redundansi paralel n + 1. Pemasangan dan perawatan yang mudah merupakan inti dari de-sain sistem UPS yang mandiri ini, yang dilengkapi dengan akses dari sisi depan produk untuk memu-dahkan sambungan ke sumber listrik dan juga komponen yang dapat diservis.

 

Tersedia mulai dari 60kW hingga 500kW, PowerWave 33 dapat beroperasi sebagai UPS tunggal maupun sistem UPS multi-kabinet hingga sepuluh kabinet, yang terhubung secara parallel dengan kapasitas daya mencapai 5MW PowerWave 33 dinilai ideal untuk penggunaan di data center, kantor dan gedung berukuran sedang, se-bagai perlindungan tenaga listrik, otomatisasi proses, dan proses penting lainnya.

 

ABB adalah perusahaan teknologi global terkemuka yang mendorong transformasi masyarakat dan industri untuk mencapai masa depan yang produktif dan berkesinambungan. Dengan menghubungkan software ke berbagai portfolio bisnis electrification, robotics, automation, dan motion, ABB bertekad mendorong batas-batas teknologi untuk mencapai kinerja optimal. Berdedikasi untuk terus melanjutkan inovasi selama lebih dari 130 tahun, kesuksesan ABB didorong oleh 105,000 karyawannya yang tersebar di lebih dari 100 negara.

 

Area bisnis Electrification di ABB adalah pemimpin global dalam produk dan solusi ketenagalistrikan, yang beroperasi di lebih dari 100 negara, dengan pabrik yang tersebar di lebih dari 200 lokasi. Dengan lebih dari 50.000 karyawan, kami berdedikasi untuk menghadirkan elektrifikasi yang aman, cerdas, dan berkelanjutan, melalui pengembangan tren elektrifikasi masa depan dengan menghadirkan inovasi yang unggul di teknologi dan digital sambil terus memberikan berbagai solusi melalui keunggulan operasional untuk pelanggan kami di utilitas, industri, bangunan, infrastruktur dan mobilitas. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://go.abb/electrification. (TS)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button