NEWS
Trending

Melihat Lebih Dekat PLTU Cilacap Ekspansi 1

Melihat Lebih Dekat PLTU Cilacap Ekspansi 1
Prof Iwa Garniwa (kiri) dan Listrik Indonesia di PLTU Cilacap Ekspansi 1.
Listrik Indonesia - Cilacap | Redaktur Pelaksana Listrik Indonesia Deddy Hassan dan Ketua STT PLN Prof Iwa Garniwa berkesempatan melakuan visit ke site pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ekspansi 1x660 MW di Desa Karangkandri, Slarang dan Manganti, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (28/6).

Pembangkit yang menempati area seluas kurang lebih 38,28 hektare tersebut dikembangkan oleh anak perusahaan PLN yakni PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) bersama PT Sumber Segara Primadaya (S2P).

Dengan tambahan 660 MW untuk sistem Jawa - Bali, diperkirakan PLN bisa melayani tambahan pelanggan baru hingga 682.000 pelanggan. Hal ini sejalan dengan kebutuhan akan listrik yang semakin tinggi serta upaya nyata PLN dalam mengejar target ratio elektrifikasi 99,9% pada tahun 2020.

PLTU Cilacap Ekspansi 1 ini menggunakan Super-Critical Boiler berbahan bakar batu bara Low Range dan dilengkapi dengan Electristastic Precipitat or dan Flue Gas Desulpurization yang didesain untuk dapat beroperasi secara efisien dan ramah lingkungan.

Selain itu PLN juga melakukan percepatan pada pembangunan PLTU Cilacap Ekspansi Tahap II kapasitas 1x1.000 MW. Pembangkit ini dikembangkan oleh PLN dan PT Sumber Segara Primadaya (S2P). Target operasi proyek ini semula Agustus 2020, dipercepat menjadi September 2019, namun saat ini berhasil selesai keseluruhan di awal 2019 dan tengah dalam tahap uji coba mesin. (DH)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button