Trending

Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Tidal

Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Tidal
Listrik Indonesia | Energi tidal merupakan tenaga pasang dan surut air laut yang kuat berpotensi memutar turbin Pembangkit listrik tidal dikembangkan sejak 1966 Pembangkit Listrik Tenaga Tidal La Rancedikenal dengan istilah “tidal barrage power plant”. pembangkit tenaga tidal berskala besar pertamapembangkit tenaga tidal berskala besar pertama. Ada beberapa jenis pembangkit listrik tenaga tidal antara lain Tidal Barrage Energy, prinsip kerja pembangkit tenaga tidal jenis ini mirip dengan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air), dimana harus ada bendungan (barrage) terlebih dahulu.

Tidal Barrage power plant terdiri dari tiga bagian utama, pertama adalah bendungannya (barrage) yang berfungsi menahan air atau menjebak air. Bagian kedua adalah pintu air yang berfungsi untuk membiarkan air masuk dan menuju ke bagian ketiga, yakni turbin dan generator.Pintu air dibiarkan terbukan selama air laut pasang dan tertutup ketika air laut surut. Ini membuat perbedaan energi potensi yang menghasilkan daya ke turbin ketika air dilepaskan.
Kemudian, Tidal Stream Generator prinsipnya mirip seperti turbin angin atau pembangkit listrik tenaga angin, namun berada dibawah permukaan air.

Turbin mengkonversi energi kinetik pada air akibat gelombang laut. Air memiliki densitas 830 kali lebih besar dari udara sehingga mampu menghasilkan lsitrik pada kecepatan yang lebih rendah dari turbin angin. Adapun kelebihan Kelebihan dari pembangkit listrik tenaga tidal yaitu sumber energi dapat diperbarui, bebas dari emisi,  dan pasang surut air laut dapat diprediksi dengan mudah. Sedangkan kekurangannya kontruksi bisa merusak ekosistem laut dan pantai, biaya kontruksi mahal, hanya menghasilkan listrik ketika arus masuk atau keluar (10 jam sehari), serta perlengkapan dapat rusak akibat arus atau ombak yang terlalu dasyat. (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button