Activity CORPORATION NEWS
Trending

Menginjak Usia Ke-25, Ini Harapan Persatuan Pegawai PT Indonesia Power

Menginjak Usia Ke-25, Ini Harapan Persatuan Pegawai PT Indonesia Power
Listrik Indonesia | PT Indonesia Power menginjak usia ke-25 pada tahun ini, secercah harapan Persatuan Pegawai PT Indonesia Power (PPIP) mempunyai sejumlah harapan.

Ketua Umum Persatuan Pegawai PT Indonesia Power (PP Indonesia Power) Kuncoro menyampaikan, saat ini pihaknya secara tegas menolak omnibus law Klaster Ketenagakerjaan dan Subklaster Ketenagalistrikan.

Terkait Klaster Ketenagakerjaan masuk dalam omnibus law RUU Cipta Kerja di mana RUU tersebut dinilai tidak selaras dengan tujuan pemerintah di awal. Salah satu yang menjadi perhatian di sisi klaster ketenagakerjaan di mana hak-hak normatif buruh dikurangi.

“Niatan pemerintah untuk menyederhanakan aturan dan juga membuka lapangan kerja sudah sangat baik. Tapi adanya RUU itu jadi tidak selaras, Undang-undang 13 adalah jaring pengaman yang minimal, jangan ditabrak lagi,” ujarnya kepada Listrikindonesia.com, Senin, (31/8/2020).

Lanjut, ia mengatakan, Subklaster Ketenagalistrikan juga menjadi perhatian PPIP. Lantaran, membangkitkan pasal-pasal yang telah diputuskan oleh MK tidak berlaku. Kemudian pengelolaan energi primer untuk pembangkit PLN yang berpengaruh terhadap BPP listrik, juga penghilangan hak-hak DPR dan pengurangan hak otonomi daerah.

Omnibus law juga dinilai telah menyelingkuhi putusan MK No. 111/PUU-XIII/2015, usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum tidak boleh menghilangkan kontrol negara sesuai dengan prinsip dikuasai oleh negara.

Dengan demikian, serikat pekerja di sektor ketenagalistrikan meminta agar sub-klaster ketenagalistrikan yang ada di dalam omnibus law menjadi perhatian serius semua pihak. Sebab dampaknya adalah hilangnya kontrol negara terhadap ketenagalistrikan di dalam negeri.

Di akhir kalimat secercah harapan untuk PT Indonesia Power. Kuncoro berharap PT Indonesia Power tumbuh dan berkembang melistriki Indonesia, sebagaimana termaktub dalam UU Ketenagalistrikan yaitu menyediakan listrik bagi kepentingan umum. Dengan tumbuh dan berkembangnya perusahaan maka hak-hak pekerja bisa di pertahankan.

"PPIP juga berharap PT. Indonesia Power bisa semakin barometer pengoperasian Dan pemeliharaan Pembangkitan Tenaga Listrik secara Nasional,"harapnya. (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button