Trending

Menjaga Keandalan di Tengah Pandemi

Menjaga Keandalan di Tengah Pandemi
Listrik Indonesia | Pandemi global Covid-19 berimbas pada segala sendi kehidupan. Mulai dari sektor ekonomi, bisnis, industri, manufaktur, hingga komersial lainnya. Pasalnya, dalam upaya menekan penyebaran terhadap infeksi virus korona jenis baru ini, pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), diantaranya pemberlakukan work from home (WFH).

    Akibat berlakunya regulasi WFH, praktis hampir semua lapisan masyarakat melaksanakan kegiatannya dari rumah. Berbanding terbalik dengan majalah Listrik Indonesia, di tengah pandemi Covid-19, terus berupaya menyajikan pemberitaan di sektor kelistrikan dan energi. 

Kami menyadari, sebagai majalah yang menjadi referensi di sektor kelistrikan dan energi, harus mampu menyajikan pemberitaan yang aktual, faktual, dan independen, bagi para pembaca setia. Hal ini, yang menjadikan energi untuk merampungkan dan menerbitkan majalah Listrik Indonesia, Edisi ke-73 (01 Juli - 01 Agustus 2020), dengan menghadirkan tema “Menjaga Keandalan di Tengah Pandemi”.

    Seperti kita ketahui bersama, dalam upaya mengurangi penyebaran pandemi Covid-19, pemerintah melakukan beberapa langkah, diantaranya pemberlakuan Dari sisi ketenagalistrkan, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, memikul tanggungjawab dalam menyediakan pasokan listrik dengan aman dan andal bagi masyarakat luas, akibat dampak penerapan WFH. Disamping, akselerasi konsumsi listrik yang mengalami penurunan di sektor ekonomi, industri, manufaktur, dan komersial lainnya.

    Hal ini yang memberikan tantangan kepada Listrik Indonesia dalam mengulik geliat dan langkah pemerintah, regulator, dan stakeholder di sektor ketenagalistrikan di Indonesia dalam menjaga ketersedian pasokan listrik yang aman dan andal di Edisi 73.

    Dalam rubrik Fokus Utama,  kami mengulas beberapa langkah yang diambil regulator dalam menjaga pasokan listrik yang andal, diantaranya Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, serta Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto, dalam upaya bersama menjaga keandalan listrik.

    Tak lupa, Listrik Indonesia, dalam rubrik yang sama dari para stake holder, diantaranya PT PLN (Persero), sebagai garda terdepan dalam menjaga ketersediaan dan keandalan di tengah tantangan yang dihadapinya, mulai dari pemberian subsidi listrik gratis hingga mensiasati keterbatasa anggaran  yang mengancam penurunan kinerja PLN.

    Selain itu, kami juga mengulas tentang kesigapan sektor swasta di sektor kelistrikan dan energi dalam ikut menyediakan listrik yang andal dengan dampak penurunan bisnis yang dihadapi perusahaan akibat dampak pandemi. Ada juga beragam pendapat dari para praktisi, pengamat, dan akademisi di sektor kelistrikan dalam memberikan opini dan solusi bagi ketersedian dan keandalan pasokan listrik.

    Untuk rubrik Cover Story, kami menampilkan Wiluyo Kusdwiharto, dalam kiprahnya sebagai Direktur Bisnis Regional Sumatera dan Kalimantan PT PLN (Persero), sekaligus Ketua Umum MKI, dalam kiprahnya meningkatkan angka elektrifikasi di Sumatera dan Kalimantan dalam menyiasati kondisi
yang ada dalam memasuki new normal. Selanjutnya, kami tampilkan Srikandi sektor energi Nicke Widyawati, untuk kedua kalinya  sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Tugas berat menanti Nicke untuk membawa Pertamina menjadi  Global Energy Champion ke depan.

Tak lupa kami sajikan rubrik menarik lainnya, seperti Suara CEO dengan menampilkan Ruly Firmansyah, Dirut PT Pelayaran Bahtera Adhiguna, yang fokus dalam pengangkutan batu bara, terutama PLTU di Pulau Jawa. Di rubric Profil, kami mengulas Gunadi, Direktur Operasional III PT Waskita Karya Tbk., dalam upaya mewujudkan Waskita dalam menggarap pasar green energy yang cukup besar. 

Kami juga menghadirkan rubrik Sorot yang mengkritis PLN yang diduga menaikan tarif listrik secara diam-diam  ke pelanggan golongan rumah tangga.  Dalam rubrik Suara Pakar ada Prof.Dr.Ir. Pekik Argo Dahono, Guru Besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, ITB, yang mengulas tentang pandemi dan pelajaran berharga sektor kelistrikan dan sejumlah liputan ringan lainnya, seperti Archipelago, Energi Baru Terbarukan (EBT), Korporasi, dan Sertifikasi, hingga Tips & Trik. Selamat membaca. Tetap jaga kesehatan dan salam semangat memasuki kenormalan baru.

 


Untuk  Pemesanan  Majalah Dan Berlanggana Hubungi
Ibu Nindya +62 812-8331-3700


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button