NEWS
Trending

Menteri ESDM di HLN ke-75: Komitmen RI Menuju Energi Bersih

Menteri ESDM di HLN ke-75: Komitmen RI Menuju Energi Bersih
Arifin Tasrif, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI
Listrik Indonesia | Indonesia sedang mengikuti irama dan megatren global dalam transisi energi. Seperti halnya pergeseran teknologi, transisi menuju energi bersih juga akan berdampak pada seluruh stakeholder. Namun, mau tidak mau, kita semua harus berkomitmen untuk menuju energi hijau untuk keberlanjutan lingkungan di masa depan.

Sementara itu, kapasitas listrik nasional terus meningkat seiring dengan komitmen pemerintah dalam menjaga ketersediaan dan keandalan pasokan listrik. Selain itu, kami menargetkan elektrifikasi 100% pada saat Hari Listrik Nasional ke-75, yaitu pada tahun ini. Hari Listrik Nasional (HLN) diperingati setiap tanggal 27 Oktober 2020. 

Saat ini, elektrifikasi sudah mencapai 99,1% sehingga diharapkan sampai akhir tahun ini dapat mendekati target capaian elektrifikasi 100%. Tentu semua itu harus mendapatkan dukungan dari semua pihak, termasuk swasta.

Saat ini, tren global menuju transisi energi bersih, sehingga Pemerintah Indonesia juga terus mendorong transisi dari energi fosil menuju energi bersih melalui peningkatan kapasitas pembangkit tenaga listrik dari Energi Baru Terbarukan. 

Kami optimistis elektrifikasi 100% dan bauran energi bersih sebesar 23% pada 2025 bisa tercapai. Untuk semakin meningkatkan kualitas penyediaan tenaga listrik, selain kecukupan pasokan dari sisi pembangkitan, diperlukan juga keandalan melalui program interkoneksi antarsistem atau antarwilayah dengan jaringan transmisi listrik. Program ini menjadi salah satu fokus pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan ke depan yang membutuhkan dukungan dari para pemangku kepentingan di subsektor ketenagalistrikan.

Terkait dengan ketersediaan pasokan listrik yang cukup, kami mengharapkan partisipasi seluruh masyarakat untuk meningkatkan dan mensosialisasikan penggunaan kompor induksi listrik dan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sehingga angka konsumsi listrik nasional kita dapat terus meningkat sejajar dengan negara-negara maju.

Selamat Hari Listrik Nasional ke-75. Mari kita gunakan momentum Hari Listrik Nasional ini untuk bersama-sama bangkit menuju Indonesia Maju! (ZC)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button