NEWS ENERGY PRIMER CORPORATION Renewable Energy Activity
Trending

Mesin Zero Waste Dikenalkan di Parade Teknologi Pengolahan Sampah

Mesin Zero Waste Dikenalkan di Parade Teknologi Pengolahan Sampah

Listrik Indonesia | Dr. Ir. Harun Al Rasyid, MT, ahli pengolahan sampah hemat energi dari Institut Teknologi (IT) PLN mengenalkan mesin pengolah sampah hemat energi zero waste dalam Webinar bertajuk ‘Parade Teknologi Pengolahan Sampah Skala Kawasan’. Jumat, (28/8/2020).

Dalam acara tersebut, Harun menjelaskan produknya yaitu mesin konversi sampah dengan sebutan IPI Advanced Waste Conversion System (AWS) ini, tidak menggunakan sistem Insinerator, melainkan mesin Non incinerator pirolisis gasifikasi yang sudah terpasang 13 unit di dalam dan di luar negeri. 

Residu hasil pembakaran limbah  bottom ash-nya bisa sebagai bahan baku konstruksi sipil, seperti antara lain untuk batako semen dan lantai beton. Buangan gas panasnya bisa untuk menghasilkan pupuk kering yang bagus untuk tanaman, serta abu terbang bisa sebagai campuran semen, sehingga semua residunya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan mempunyai nilai ekonomi.

“Mesin ini mampu menyerap berton-ton sampah, dan tidak memakan tempat yang lebar,” ujarnya.

Acara yang diikuti lebih dari 150 peserta, sangat antusias menyimak penjelasan dari para narasumber, antara lain Ir Sudirman, MM, Staff Ahli Kementerian PUPR sebagai keynote speaker, Dr. Ir. Ishenny Mohd Noor, M.Eng.Sc ahli karbonisasi yang membahas ‘Teknologi Karbonisasi’.

Dr. Eng. Pandji Prawisudha, Dosen Teknik Mesin ITB mengulas ‘Pengolahan Sampah dengan Hydrothermal’, Safy Sinta Saufiati membahas ‘Pengolahan Limbah Jelantah’, dan Moderator yaitu Dr. Ir. M. Satori, MT, IPU Dekan FT UNISBA sekaligus Ketua Forum Bank Sampah Jabar, dan Ir Erwin Kasim sebagai ketua Indonesia Waste Management. (CR/Fr)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button